PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Presiden dan Ibu Tien Soeharto meresmikan Pelabuhan perikanan Samudera Jakarta

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,,
Selasa ,17 Juli 1984. --- Pukul 10.00 pagi ini,bertempat di Muara  Baru, Pasar ikan,Presiden  dan Ibu Tien Soeharto meresmikan Pelabuhan perikanan Samudera Jakarta. Setelah meresmikan, Presiden dan Ibu mengadakan peninjauan keliling  ke cold stroge  dan pabrik es.Kemudian,sesudah  mengadakan dialog  dengan para nelayan,keduanya menyaksikan  Pameran  pembangunan Perikanan  1984 di kompleks yang sama.

Dalam amanatnya  Kepala Negara mengatakan bahwa pembangunan  pelabuhan  perikanan  samudra  ini harus diikuti  dengan  usaha  mendorong kegiatan pemasaran ikan  dan usaha  meningkatkan  konsumsi  ikan di daerah pedalaman. Hal ini, Menurut  Presiden, akan dapat  lebih  cepat  terwujud jika masyarakat  meningkatkan  partisipasinya  dalam membangun  perikanan  dalam arti  yang luas. Artinya , tidak di bidang produksi saja, melainkan juga dalam pengelolaan dan pemasaran ikan.

Selesai upacara peresmian,Presiden  mengadakan temu wicara dengan  para nelayan.pada kesempatan itu kepala Negara mengajak semua nelayan di seluruh Indonesia  untuk lebih memanfaatkan potensi  sumber  daya perikanan  bagi peningkatan  pendapatan  dan taraf hidup serta mengajak generasi  muda mencari nafka di laut.

Untuk meningkatkan  pendapatan  kaum nelayan, Presiden  menyarankan agar pada musim Barat, pada waktu nelayan tidak dapat  pergi ke laut  untuk  menangkap ikan,kegiatan  para nelayan dialihkan  kepada  usaha lain. Hal ini dapat  dilakukan dengan cara terlebih dahulu meningkatkan keterampiln di bidang-  bidang  lainnya.


Sumber : Buku jejak Langkah Pak harti Jilid 1-6
Publikasi : Rayvan Lesilolo