PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Presiden Soeharto Membuka Kongres Nsional XII PII

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,
Senin, 6 November 1989 --- Pukul  09.00 pagi ini Presiden Soeharto membuka Kongres Nasional XII PII di  Istana Negara. Dalam amanatnya. Kepala Negara Mengidentifikasikan tantangan-tantangan Indonesia dalam era tinggal landas nanti beserta jawaban-jawabannya. Pertama, keluar, kita harus dapat menjawab tantangan zaman di tengah-tengah dinamika ekonomi dunia yang cepat. Untuk itu jawabannya adalah efisiensi nasional agar menjadi perhatian kita semua. Kita juga harus menguasai makin banyak ilmu pengetahuan dan teknologi, karena kemajuan bangsa-bangsa dan kemjuan pada umumnya akan makin dipengaruhi oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi .

Kedua, kedalam, disamping mengejar ketinggalan dan bangsa-bangsa lain, kita harus dapat mengatasi masalah-masalah sosial ekonomi yang besar seperti perluasan kesempatan kerja, peningkatan penghasilan masyarakat, peningkatan mutu pendidikan, penyediaan perumahan yang layak, peningkatan derajat kesehatan, dan lain sebagainya. Dalam hubungan ini Kepla Negara meningkatkan bahwa kunci utama bagi keberhasilan pembangunan kita di masa datang adalah peningkatan kualitas sumber daya insani.

Misi Keidaren yang terdiri atas 22 pimpinan perusahaan multinasional Jepang menghadap Presiden Soeharto pada jam 10.00 pagi ini di Istana Merdeka. Kepada para pengusaha Jepang itu, Presiden menjelaskan tentang kebijaksanaan pembangunan selama ini, khususnya pembangunan industri hulu dan lihir. Secara khusus Kepala Negara menekan juga bahwa industri tidak akan berarti banyak jika tidak diimbangi dengan penyediaan berbagai prasarana konomi.

Setelah menghadap Presiden, juru bicara Keidaren mengatakan bahwa para pengusaha Jepang ingin memperluas kehadiran mereka di Indonesia khususnya dalam bidang industri. Selain itu mereka juga berminat untuk melibatkan diri dalam pembangunan berbagai prasarana seperti jembatan dan jalan raya.


Sumber : Buku Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi : Oval Andrianto
Editor : Sukur Patakondo