PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Hubungan Antara Kadin Indonesia dan Pengusaha Jepang Lebih Dieratkan Lagi

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,
Sabtu, 7 November 1987 --- Pukul 09.25 pagi ini, Presiden Soeharto menerima kunjungan Menteri Kebudayaan Vietnam, Tran Van Phac, di Bina Graha. Pejabat Vietnam itu datang untuk  menyampaikan sepucuk surat dari PM Phan Hung dan Cinderamata dari Pemerintah Vietnam untuk Presiden. Cinderamata itu berupa sebuah potret Presiden dan Ibu Tien Soeharto dalam dua dimensi, yang kalau dilihat dari satu sisi tampak gambar Presiden Soeharto, sedangkan dari sisi yang satu lagi hanya kelihatan gambar Ibu Tien. 

Pagi ini Presiden juga menerima kunjungan kehormatan rombongan Komite Ekonomi Indonesia-Jepang (JIEC) yang dipimpin oleh Kikuo Ikeda di Bina Graha. Dalam kunjungan itu mereka diantar oleh Pengurus Kadin Indonesia, Sukamdani S Gitosarjono, A Baramuli SH, dan Tony Agus Ardi.

Pada kesempatan itu, Kepala Negara mengharapkan agar hubungan antara Kadin Indonesia dan para pengusaha Jepang dapat lebih dieratkan lagi, dalam rangka upaya untuk meningkatkan peranan swasta dalam kerjasama Indonesia-Jepang. Presiden juga mengatakan bahwa dalam keadaan keterbatasan kemampuan pemerintah dalam pembangunan, akibat merosotnya harga minyak, Pemerintah Indonesia mengharapkan peningkatan peranan swasta. Kepada pihak Jepang, Kepala Negara menawarkan kerjasama untuk pembangunan proyek-proyek hulu, misalnya dalam industri aluminium dan besi, serta proyek-proyek hilir untuk industri timah.

Sementara itu, dalam pertemuan dengan Kepala Negara pada jam 10.30 pagi ini, Menteri Koperasi Bustanil Arifin telah menyampaikan laporan tentang pelaksanaan pola PIR Jamur di Gunung Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. Dilaporkannya bahwa pola PIR tersebut telah mengubah wajah Gunung Dieng yang dahulunya dikenal sebagai daerah miskin menjadi daerah potensial. Hal ini karena penanaman jamur itu telah mendatangkan hasil sekitar satu juta dolar AS setiap bulannya.   


Sumber : Buku Jejak Langkah Pak harto Jilid 1-6
Publikasi : Oval Andrianto
Editor : Sukur Patakondo