PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

12 Putera Terbaik Indonesia Sebagai Pahlawan Nasional

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,
Sabtu, 10 November 1973 --- Dalam rangka hari pahlawan, dalam suatu upacara di Istana Negara, Presiden Soeharto pagi ini menetapkan 12 orang putera terbaik Indonesia sebagai pahlawan Nasional. Para pahlawan Nasional itu adalah almarhum-almarhum Sultan Hasanuddin, Kapiten Pattimura, Pangeran Doponegoro, Tuanku Imam Bonjol, Teungku Cik Ditiro, Teuku Umar, Dr. Wahidin Soedirohoesodo, R Otto Iskandardinata, Robert Wolter Mongonsidi, Prof Muhammad Yamin, dan Laksda TNI (Anumerta) Josaphat Sudarso dan Prof Dr. R Soeharso.

Pada kesempatan itu pula kepala negara menganugerahkan tanda-tanda kehormatan Bintang Mahaputera Adipradhana kepada almarhum-almarhum KH Moh. Ilyas, Haji Arudji Kartawinata, Sukarni Kartodiwirjo, KH Ahmad Badawi, dan H Djamaluddin Malik, yang semuanya diterima oleh ahli waris mereka. Sementara itu Bintang Mahaputera Nararya dianugerahkan kepada almarhum Sudjarwo.

Selesai penganugerahan tanda-tanda kehormatan Presiden Soeharto memberikan hadiah kepada pemenang sayembara tugu pahlawan. Kemudian dilanjutkan dengan peninjauan tugu maket tersebut.



Sumber : Buku Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi : Oval Andrianto
Editor : Sukur Patakondo