PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Kenaikan Harga Pasar Gabah

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,
Rabu, 2 November 1983 --- Sidang kabinet terbatas bidang Ekuin berlangsung pagi ini mulai jam 10.00 di Bina Graha. Sidang yang dipimpin Presiden Soeharto itu antara lain telah membahas masala harga gabah. Sebagai hasil pembahasan itu, sidang akhirnya memutuskan untuk menaikan harga dasar gabah dari Rp 145,- per kilogram menjadi Rp 165,-; harga baru tersebut mulai diberlakukan pada tanggal 1 Februari 1984

Sidang kabinet telah meninjau harga gabah dalam rangka peninjauan yang memang lazimnya dilakukan setiap tahun, disamping  karena  keinginan  untuk meningkatkan pendapatan petani. Akan tetapi dalam pertimbangannya,  sidang juga telah memperhitungkan daya beli masyarakat; dalam hubungan ini diusahakan agar konsumen tidak terlalu diberatkan.

Selain itu sidang telah pula membahas harga dasar palajiawa. Namun sidang berpendapat bahwa harga dasar palajiawa masih wajar, sehingga tidak mengalami perubahan. Dalam sidang juga dibahas masalah keangkaan semen di beberapa daerah yang telah mengakibatkan naiknya harga eceran.


Sumber : Buku Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi : Oval Andrianto
Editor : Sukur Patakondo