PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Industri dan kerajinan Rakyat Merupakan Satu Jalan Penting Mewujudkan Kesejahteraan Rakyat

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,
Sabtu, 1 November 1986 ---Presiden Soeharto menegaskan bahwa pembangunan industri kecil dan kerajinan rakyat bertambah mutlak karena merupakan satu jalan penting untuk mewujudkan peningkatan kesejahteraan rakyat. Industri dan kerajinan rakyat ini merupakan bidang yang memberikan lapangan kerja sangat luas, yang merupakan salah satu tatangan besar pembangunan bertahun-tahun mendatang.

Kepala Negara menegaskan hal itu  ketika meresmikan 175 koperasi Industri dan kerajinan (Kopinkra) di Samunatiga, Gianyar, Bali, hari ini. Koprinka yang diresmikan tersebar di delapan kabupaten yang ada di Provinsi Bali. Dalam rangkaian acara ini Presiden menganugerahkan Stailencana pembangunan kepada enam orang guberur yang dinilai berhasil mengembangkan koperasi . Keenam gubernur tersebut R Soepraoto (DKI Jakarta) , H Ismail (Jawa Tengah), Wahono (Jawa Timur) , Ida Bagus Manta (Bali) , H Azwar Anas ( Sumatera Barat ), dan Achmad Amiruddin (Sulawesi Selatan).



Presiden Soeharto menilai Industri kecil dan kerajinan rakyat memepunyai akar-akar yang kuat dalam masyarakat, malahan sebagai merupakan lapangan kegiatan yang berkembang turun temurun dan merupakan bagian dari warisan kebudayaan Indonesia. Diingatkanya pengalaman negara Industri maju menunjukan industri kecil dan kerajinan rakyat itu justru menjadi tulang punggung pengembangan industri besar.

Mengenai pembinaan dan penenganan industri kecil, menurut Kepala Negara, harus dilakukan dengan kesungguhan terutama melalui sentra-sentra industri kecil yang dewasa ini mulai dikembangkan pemerintah. Dalam penaganan sentera-sentera tersebut, pemberian bimbingan dan penyuluhan agar dilakukan secara terpadu oleh aparat Deprtemen Perindustrian, Departeman Koperasi, Pemerintah Daerah dan sebagainya.



 Sumber : Buku Jejak langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi : Oval Andrianto