PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Pembicaraan Resmi Presiden Soeharto dengan PM Takeshita di Istana Merdeka

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,
JUMAT, 5 MEI 1989

Presiden Soeharto mengadakan pembicaraan resmi dengan PM Takeshita di Istana Merdeka pagi ini. Pembicaraan yang dimulai pada jam 09.30 dan berakhir pada pukul 12.00 siang itu berlangsung dalam dua babak. Peserta dalam pembicaraan babak pertama adalah terbatas, sementra pertemuan babak kedua melibatkan lebih banyak pejabat tinggi dari kedua negara.

Disamping masalah bilateral, pembicaraan antara kedua kepala pemerintahan itu juga mencakup berbagai masalah regional, Takeshita mengatakan bahwa Jepang mendukung sepenuhnya langkah-langkah yang diambil ASEAN dalam rangka membantu menyelesaikan masalah Kamboja. Sedangkan masalah Internasional yang dibahas adalah mengenai perubahan besar dalam hubungan Timur-Barat.

Menyangkut hubungan bilateral Indonesia-Jepang, Presiden Soeharto meminta PM Takeshita untuk mengurangi tarif bea masuk ekspor barang-barang Indonesia ke negara itu. Sementara itu menjanjikan akan mempelajari persoalan tersebut, PM Takeshita menyatakan pula kesedihan pemerintahnya untuk mengabulkan permintaan bantuan yang diajukan pemerintah Indonesia sebesar US$2 miliar untuk tahun anggaran 1989/1990. Ia juga memberikan jaminan kepada Presiden bahwa kebjikasanaan Jepang terhadap Indonesia tidak akan berubah sekalipun nnti ia tidak akan lagi menjadi perdana menteri.


Publikasi, Lita.SH