PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Kesediaan Secara Umum PM Kaifu Untuk Membantu Indonesia dalam Menghadapi Krisis

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,
SABTU, 5 MEI 1990

Selama hampir tiga jam, mulai pukul 10.00, pagi ini Presiden Soeharto mengadakan pertemuan dua babak dengan PM Kaifu di Istana Merdeka. Dalam pembicaraan tersebut, kedua pemimpin pemerintahan itu telah dimembahas berbagai masalah bilateral, disamping masalah regional dan internasional. Kepada PM Toshiki Kaifu, Presiden menjelaskan mengenai berbagai kesulitan yang dihadapi Indonesia dalam melaksanakan pembangunan. misalnya apresiasi nilai sejumlah mata uang asing terhadap dollar Amerika yang telah memberatkan beban pembayaran utang luar negeri, ditambah lagi dengan bunganya. Kemerosotan harga minyak di pasaran internasional telah pula menyebabkan penerimaan luar negeri, ditambah lagi dengan bunganya. Kemerosotan harga minyak di pasaran internasional telah pula menyebabkan penerimaan luar negeri Indonesia menjadi berkurang.

Disamping itu Presiden juga menguraikan tentang kemajuan-kemajuan yang telah dicapai dan masih perlunya bantuan luar negeri untuk memperlancar jalannya pembangunan. presiden juga menyatakan menyambut baik keinginan Universitas Kyoto untuk mendirikan salah satu radar raksasa di Bukit Tinggi, Sumatera Barat, untuk menjaga kelestarian hutan dan upaya menjaga keadaan cuaca di dunia. untuk itu diharapkan agar pemerintah Jepang dapat membantu pembangunannya, mengingat terbatasnya keuangan Indonesia.

Dalam pembicaraan tersebut, PM Kaifu menyatakan kesediaannya secara umum membantu Indonesia untuk memperlancar pembangunannya. Akan tetapi ia belum dapat menentukan jumlah yang akan diberikan, termasuk bantuan khusus, karena akan diperinci dalam sidang IGGI yang akan datang di Den Haag. 

Publikasi, Lita.SH