PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Direktur Bea dan Cukai Menghadap Presiden Soeharto

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,
Jum’at, 17 November 1978 --- Direktur Jenderal Bea dan Cukai menghadap Presiden soeharto di Cendana. Pada kesempatan itu Kepala Negara telah meminta semua petugas Bea Cukai untuk memeberikan pelayanan yang cepat bagi pengeluaran barang impor jenis bahan baku dan penolong untuk keperluan industri dalam negeri. Dengan pelayanan cepat akan dapat dihindari beban tambahan biaya produksi bahan dalam negeri, karena ongkos gudang dapat ditekan, serta kemungkinan hilang dan rusaknya barang digudang pelabuhan dapat diperkecil.

Kepala Negara juga mengharapkan agar para petugas Bea dan Cukai dapat terus meningkatkan kewaspadaan dalam penyelesaian barang impor, sehingga barang impor tidak merusak harga barang dalam negeri. Untuk itu setiap petugas Bea dan Cukai diperintahkan untuk menetapkan Bea masuk dan pungutan impor lainya sesuai dengan jenis (tarif), harga

Dalam pertemuan itu, Presiden juga memerintahkan agar usaha pemberantasan penyeludupan terus ditingkatkan, kerna barang seludupan akan menggangu perkembangan industri dalam negari. Demikian dikatakan Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Tahir, sesuai menghadap Kepala Negara.


Sumber : Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi : Oval Andrianto