PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Peresmian Laboratorium Hepatika Oleh Kepala Negara

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,
Kamis, 15 Oktober 1987 --- Presiden dan ibu Soeharto melakukan kunjungan kerja sehari di NTB dalam rangka menyaksikan panen raya bawang putih dan peresmian Laboratorium Hepitika Bumi Gora Nusa Tenggara Barat. Dalam kunjungan kerja ini ikut pula Ibu Umar Wirahadikusumah.

Acara panen raya bawang putih berlangsung pada jam 11.00 pagi ini desa Sembalun, Kecamatan Aikmel, Lombok Timur. peresmian panen raya ini ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Presiden, yang dilanjutkan dengan mencabut bawang putih yang ditanam disawah. pencabutan juga dilakukan oleh Ibu Tien dan Ibu Umar, disaksikan oleh ribuan penduduk setempat.

Setelah itu Kepala Negara meresmikan laboratorium hepatika yang diprakasai dan dikelola sepenuhnya oleh swasta, yaitu yayasan Hati Sehat. Ketika meresmikan laboratorium yang terletak dimataram itu, dalam amanatnya Presiden mengungkapkan rasa kagum dan bangganya. Sebab , demikian Kepala Negara, laboratorium yang menunjukan keberhasilan terobosan teknologi dibidang kesehatan ini justru terjadi di kota mataram, kota yang jauh-jauh dari pusat ilmu pengetahuan hal ini kita kenal dan langkahnya fasilitas-fasilitas ilmiah yang memadai. Hal ini membuktikan bahwa kita memiliki kemampuan untuk mengembangkan kewiraswastaan, profesionalisme, penguasaan teknologi, dan pengolaan sarana yang terbatas secara efisien, sehingga dapat menghasilkan sesuatu yang berguna bagi pembangunan kesehatan.

Lebih jauh dikemukakan oleh Kepala Negara bahwa upacara siang yang ini bukan upacara peresmian proyek rekayasa. Dilihat dari wujudnya, yang kita saksikan disini memang sesuatu yang tidak besar. Akan tetapi ada kebesaran lain yang tidak kalah penting, yaitu terobosan yang kita buat dalam teknologi kesehatan.

Sumber : Buku Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi : Oval Andrianto