PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Presiden Soeharto Menghadiri Pembukaan Penataran Calaon Pegawai Republik Indonesia

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,


Minggu, 1 Oktober 1978 --- Dalam rangka peringatan Hari Kesaktian Pancasila, hari ini di Istana Bogor, Presiden Soeharto menghadiri pembukaan Penataran Calon Penatar Pegawai Republik Indonesia. Penataran yang diikuti oleh 100 orang calon penatar bagi Penataran Tinggkat Nasional merupakan langkah pertama yang diambil Pemrintah dalam rangka pelaksanaan Penataran P4. Dengan penataran ini diharapkan adanya sumbangan pikiran, sehingga nanti akan diperoleh bahan penataran yang baku bagi seluruh lapisan masyarakat.
Dalam amanatnya, Presiden berbicara secara panjang lebar mengenai makna dan peranan Pancasila bagi bangsa Indonesia. Dikatakannya, Pancasila adalah sumber dari segala gagasan kita mengenai wujud masyarakat yang kita anngap baik, yang menjamin kesentosaan kita semua, yang mampu memberi kesejahteraan lahir batin bagi kita semua.
Ditegaskannya bahwa Pancasilalah yang menjiwai UUD 1945. Karena itu UUD 1945 tidak akan kita pahami atau mungkin kita laksnakan secara keliru, jika kita tidak memahami Pancasila. Selanjutnya apa yang diamanatkan oleh Pancasila dan apa yang ditujukkan oleh UUD 1945 harus tercermin dalam GBHN, yang merupakan strategi pembangunan kita dalam setiap tahap. Karena itu untuk dapat melaksanakan GBHN sesuai dengan cita-cita kemerdekaan, maka kita semua harus memahami dan menghayati Pancasila dan UUD 1945 itu sendiri. Oleh sebab itu, penataran yang meliputi Pancasila, UUD 1945, dan GBHN dianggapnya mutlak bagi pegawai Republik Indonesia.


Sumber : Buku Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi : Rayvan Lesilolo