PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Presiden dan Ibu Tien Soeharto Meresmikan Kilang Minyak di Riau

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,


Rabu, 8 September 1971 --- Masih berada di Riau, pagi ini Presiden dan Ibu Tien Soeharto meresmikan kilang minyak “Putri Tujuh” yang terletak di Dumai. Kilang minyak ini mempunyai kapasitas 100.000 barel per hari, dan nanti kapasitasnya akan dapat ditingkatkan menjadi 150.000 barel. Lebih dari setengah produksi kilang minyak ini diekspor, dan sisanya untuk konsumsi dalam negeri.
Selain acara peresmian ini Presiden Soeharto menyerahkan sejumlah alat pertanian kepada 14 kepala desa. Alat-alat pertanian yang diserahkan itu terdiri atas mesin penggiling padi, penyemprot (sprayer) dan diesel. Ia mengharapkan agar alat-alat tersebut dapat dipergunakan untuk meningkatkan produksi pertanian di desa masing-masing.
Sementara itu dalam amanat tertulisnya pada pembukan musyawarah nasioanl Ikahi hari ini di Medan, Presiden Soeharto mengatakan bahwa salah satu sasaran penting Orde Baru ialah menegakkan kembali hukum dan menjunjung tinggi keadilan. Salah satu jalan yang ditempuh dalam mencapai sasaran ini adalah dengan mengembalikan kekuasaan kehakiman sebagaim kekuasaan yang merdeka, terlepas dari pengaruh kekuasaan pemerintah. Menurut Presiden, hal ini tertuang dalam UU Kekuasaan Kehakiman, yang antara lain berbunyi “segala campurtangan dalam urusan pengadilan oleh pihak-pihak lain di luar kekuasaan kehakman dilarang”.

Sumber : Buku Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi : Rayvan Lesilolo