PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Presiden Soeharto Mengadakan Pertemuan Dengan Beberapa Menteri di Bina Graha

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,,
Selasa.23 Juli 1975. --- Presiden  Soeharto  pagi ini  mengadakan  pertemuan dengan  beberapa  menteri  di Bina Graha. Hadir dalam pertemuan  itu  Menteri Negara Riset prof.Dr. Sumitro Djojohadikusumo,Menteri  PAN  Dr,JB Sumarlin,Menteri Perhubungan  Prof. Dr. Emil Salim, Menteri  Pertambangan  Prof.Dr. Sadli, Menteri Kehakiman Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja, Menteri  Pdan K  Dr. Sjarif Thajeb serta Kepala Staf Kopkamtib laksamana Soedomo.

Dalam pertemuan  ini Presiden menginstruksikan kepada para  menteri dan Kaskopkantib agar memberikan penjelasan  lebih  banyak  kepada  dosen-dosen tentangperkembangan  ekonomi  yang telah dicapai  selama pelita 1 dan II,  serta apa yang  hendak  dicapai  dalam  Pelita  berikutnya. Tujuannya  ialah  supaya mereka memperoleh bahan   untuk  dikaji. menurut keterangan Menteri P dan K,  kebijaksanaan ini dimaksudkan  untuk mengajak  mahasiswa  berdialog dengan pemerintah.

Dialog itu diadakan secara terbuka yang disertai  dengan  tanya jawab.Selain  itu juga  pemerintah  akan menyediakan  bahan-bahan  yang di berikan  secara lengkap.Tujuan  penyelenggaraan  pertemuan  semacam  tentang  pembangunan ,terutama apa yang telah  dicapai  dan yang akan dilaksanakan  oleh Pemerintah. Hal ini juga  dapat  pula meningkatkan  partisipasi  mahasiswa  dalam  pembangunan . Untuk  itu mahasiswa  diharapkan  lebih  banyak  menyumbangkan  pikiran  mereka  melalui saluran  yang  ada seperti  DPR atau dialog langsung  dengan menteri. mahasiswa itu adalah  partner Pemerintah,karena  itu tidak  benar  mahasiswa  adalah penghambat  jalannya pembangunan.

Setelah menghadap  Presiden  Soeharto  siang ini  di Bina Graha,  Menteri/Sekertaris  Negara  Sudharmono  mengumumkan  rencana  keberngkatan  Pressiden Soeharto  dan rombongan  untuk menghadiri  KTT ASEAN  di kuala Lumpur  pada  tanggal  4 dan 5  Agustus  yang datang.
KTT ini  didahului oleh  pertemuan  antara  ASEAN  dan Para perdana menteri  Jepang, Australia,  dan Selandia  Baru pada tanggal 3 Agustus. Delegasi  Indonesia  akan cukup  besar  karena  KTT  ASEAN  in sangat  penting  serta  menyangkut  banyak bidang.Dalam KTT itu para Kepala Pemerintah  ASEAN  akan meninjau  hasil-hasil  pelaskanaan keputusan-keputusan  KTT  ASEAN  di Bali tahun yang lalu.

Presiden  Soeharto  pada pukul 17,25 sore ini, secara resmi membuka pon IX di Stadion  Utama  Senayan,Jakarta.pada  pembukaan  PON  tersebut, Presiden didampingi  oleh Ibu Tien  Soeharto  dan Wakil Presiden / Ketua KONI  Pusat  Sri  Sultan  Hamengkubuwono  IX. Presiden meresmikan  PON  ini dengan  ucapan; "Dengan Rahmat Tuhan  Yang Maha Kuas,Pekan Olarga  Nasional  saya nyatakan dibuka'

Sumber : Buku Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi : Rayvan Lesilolo