PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Laporan Menteri Koordinator Bidang Kesra, Soepardjo Rustam, dan Menteri Sosial, Haryati Soebaio di Hadapan Kepala Negara.

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,
SELASA, 21 JUNI 1988

Menteri Koordinator bidang Kesra, Soepardjo Rustam, dan Menteri Sosial, Haryati Soebaio, pada jam 08.55 pagi ini menghadap Kepala Negara di Bina Graha. Mereka datang guna melaporkan tentang persiapan-persiapan yang telah dilakukan dalam rangka peringatan Hari Anak Nsional 1988. Dalam hubungan itu pula mereka mengundang Presiden Soeharto untuk hadir pada upacara yang akan dilangsungkan di Jakarta. selain menyatakan kesediaannya untuk hadir, Kepala Negara juga berpesan agar perayaan ini tidak memperlihatkn kesan kemewahan.

Pukul 09.30 pagi ini, di tempat yang sama, Presiden Soeharto menerima Menteri Kehutanan, Hasjrul Harahap. Pada kesempatan itu Kepala Negara menugaskan Menteri Hasjrul Harahap untuk mempelajari kemungkinan memberikan perpanjangan HPH jauh hari sebelum masa berlakunya, jika pemegang HPH tersebut telah melaksanakan dengan baik semua ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah. Presiden juga menginstruksikan Menteri Kehutanan untuk meningkatkan disiplin para pemegang HPH, antara lain mengikut sertakan asosiasi mereka.

Selain itu pula Menteri Kehutanan ditugaskan pula untuk menjajaki kemungkinan penggarapan Hutan Tanaman Industri (HTI) melalui pola PIR. Dengan kebijaksanaan ini Kepala Negara mengharapkan peladangan berpindah akan berubah menjadi peladangan tetap. Untuk itu Menteri Hasjrul diinstruksikan untuk kerjasama dengan Departemen Pertanian. Sementara itu, sehubungan dengan adanya praktek para pemegang HPH yang menelantarkan kayu-kayu hasil pemotongannya di hutan-hutan lantaran keterbatasan peralatan, Presiden memerintahkan Departemen Kehutanan untuk mengadakan kerjasama dengan Departemen Perindustrian, sehingga kayu-kayu tersebut dapat dimanfaatkan.

Publikasi, Lita.SH