PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Kunjungan Kehormatan Wakil Presiden dan Nyonya Wolter Mondale Mengenai Kebijaksanaan investasi di bidang perminyakan di Indonesia.

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,
SABTU, 6 MEI 1978

Pukul 09.30 pagi ini, bertempat diIstana Merdeka, Presiden dan Ibu Soeharto menerima kunjungan kehormatan Wakil Presiden dan Nyonya Wolter Mondale. Acara ramah tamah dengan Wakil Presiden Amerika Serikat beserta isterinya itu berlangsung selama setengah jam. Kemudian  acara dilanjutkan dengan pembicaraan resmi yang membahas begitu banyak masalah. Dalam acara ini Presiden Soeharto didampingi oleh Menko Polkam, Jenderal Panggabean, dan Menteri/Sekretaris Negara, Sudharmono.

Selesai pembicaraan, Wakil Presiden Mondale mengatakan bahwa Pemerintahnya telah mengambil keputusan yang menguntungkan Indonesia. Kebijaksanaan ini akan mendorong investasi di bidang perminyakan di Indonesia.

Menurut Wakil Presiden Mondale, dalam pertemuan dengan Presiden Soeharto itu telah menyampaikan kesepakatan negaranya tentang harga gas alam yang dibeli dari Indonesia. Begitu juga, Pemerintahnya telah setuju untuk memberikan tambahan bantuan pangan sebanyak 50,000 ton dalam tahun fiskal 1978. Bantuan ini adalah dalam rangka Program  PL 480.

Dalam pembicaraan itu juga telah disinggung secara umum masalah hak asasi manusia. Wakil Presiden Mondale memberitahukan Presiden Soeharto bahwa di Amerika Serikat terdapat reaksi yang positif terhadap Indonesia, sehubungan dengan pembebasan tahanan G-30 S/PKI secara bertahap oleh Pemerintah Indonesia.

Publikasi, Lita.SH