PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Hubungan Kerjasama yang Bermanfaat Bagi Pembanggunan

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,
Senin, 3 Mei 1982

Secara berturut-turut, di Istana Merdeka pagi ini Presiden Soeharto menerima surat-surat kepercayaan Duta Besar Birma, U Than Swe, dan Duta Besar Spanyol, Eugento Bregolaty Obiols. Membalas Duta Besar U Than Swe, Kepala Negara mengatakan bahwa dewasa ini kedua negara sedang membangun masyarakatnya masing-masing menurut kepribadiannya sendiri dan untuk mencapai tujuan yang ditetapkannya sendiri. Untuk itu kedua negara perlu terus mempererat tali persahabatan dan kerjasama yang bermanfaat bagi pembangunannya.

Sedangkan kepada Duta Besar Obiols, Presiden mengemukakan bahwa tekad dan tugas terbesar Indonesia dewasa ini dan dalam dasawarsa-dasawarsa yang akan datang adalah melanjutkan dan meningkatkan pembangunan. Dalam usaha memperlancar pembangunan itu, disamping harus mengerahkan segala dana dan daya yang ada didalam negeri, Indonesia juga membuka pintu dan mengadakan kerjasama dengan bangsa-bangsa lain, atas dasar hormat menghormati dan saling memberi manfaat. Akan tetapi ditegaskan pula oleh Kepala Negara bahwa pembangunan dilaksanakan dengan tetap berjalan kearah tujuan-tujuan nasional dan dengan menempuh jalan yang dianggap paling baik.

Dalam rangka menyambut berlangsungnya pemilihan umum besok, malam ini Presiden Soeharto menyampaikan amanatnya melalui TVRI. Dalam amanatnya itu Kepala Negara antara lain mengatakan bahwa pemilihan umum kita selenggarakan berdasarkan Undang-undang Pemilihan Umum. Ini berarti bahwa cara pelaksanaan pemilihan umum itu juga ditentukan oleh rakyat sendiri, berdasarkan dan sesuai dengan ketentuan UU Pemilihan Umum. Oleh karena itu Presiden berharap agar semua pihak turut serta dalam usaha mensukseskan pemilihan umum ini dan melaksanakan pemungutan suara sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Jam 19.30 malam ini, Presiden Soeharto menerima Menteri Dalam Negeri Amirmachmud di Cendana. Amirmachmud menghadap untuk melaporkan tentang situasi politik dalam negeri sebagai hasil pengamatannya di daerah-daerah selama satu bulan penuh dalam bulan April yang lalu.
Setelah menghadap, Amirmachmud mengatakan bahwa dalam pertemuan dengan Presiden itu telah pula dibahas perkiraan keadaan, dengan segala kemungkinannya yang bisa timbul terutama pada saat pelantikan anggota DPR/MPR hasil pemilu tahun 1982, sidang umum MPR tahun 1983 serta tahap pelaksanaan Repelita IV, kesimpulan yang dicapai adalah bahwa perjuangan Orde Baru untuk mencapai cita-cita bangsa telah berhasil mengorganisasikan seluruh potensi bangsa Indonesia dan telah berhasil menciptakan struktur politik, memantapkan fungsi serta tata berhasil menciptakan struktur politik, memantapkan fungsi serta tata prosedural dan meningkatkan kapabilitas melalui birokrasi perjuangan yang kuat.


Publikasi Lita.SH