PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Pembukaan Seminar Internasional Arsitektur Dalam Ekspresi Islam

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,
Senin, 15 Oktober 1990 --- Pukul 10.00 pagi ini, di Istana Negara, Presiden membuka Seminar Internasional mengenai Arsitektur Dalam Ekspresi Islam. Seminar yang diikuti oleh 130 peserta dari berbagai negara itu dilangsungkan di Yogyakarta atas kerja sama antara Ikatan Arsitektur Indonesia (IAI) dan The Aga Khan Award for Architecture. Aga Khan  sendiri ikut hadir dalam seminar ini yangmerupakan seminar kedua yang perna disponsori oleh yayasannya di Indonesia.

Dalam Kata sambutannya, Presiden Soeharto antara lain menyatakan penghargaannya atas usaha Aga Khan membangkitkan penghargaan terhadap persepsi kebudayaan Islam melalui media arsitektur. Sebab bagi kita, Islam membawa agama dan peradaban. Islam berkembang tidak dalam ruang yang vakum budaya. Karena itu pertumbuhan pemikiran dan peradaban kaum muslimin tidak lepas dari lingkungan, sejarah, dan kebudayaan.

Lebih jauh dikatakan oleh Presiden bahwa Islam datang dan berkembang di Indonesia secara damai. Penting untuk dicatat bahwa para penganjur Islam di masa awal mempunyai kearifan yang luar biasa, mereka mampu meniupkan ruh Islam kedalam ekspresi-ekspresi kultural masyarakat setempat, sehingga tidak terjadi konflik budaya. Hal ini dapat dilihat dari adat istiadat, kesenian, dan bangunan umat Islam masyarakat Indonesia. Dan hal ini tetap berlangsung sampai sekarang.

Sumber : Buku Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi : Oval Andrianto