PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Presiden Soeharto Mengadakan Pembicaraan dengan Kanselir Helmut Kohl

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,
Sabtu, 5 November 1983---Jam 10.00 pagi ini Presiden Soeharto mengadakan pembicaraan empat mata dengan Kanselir Helmut Kohl bertempat di Istana merdeka. Dalam pembicaraan yang berlansung selama kurang lebih dua jam itu. Kedua pemimpin memusatkan perhatian pada masalah-masalah hubungan ekonomi antara kedua negara. Akan tetapi, disamping itu, telah pula dibahas masalah-masalah keamanan dunia yang berkaitan dengan penempatan peluru-peluru kendali di negara-negara NATO.

Berbicara mengenai hubungan ekonomi antara Indonesia dan Jerman Barat, Presiden Soeharto mengaharapkan agar di masa-masa  yang akan datang Jerman Barat bisa lebih banyak melakukan investasi di Indonesia. Juga di harapkannya agar di waktu-waktu mendatang pihak Jerman Barat bisa  lebih banyak lagi mengimpor komoditi dari Indonesia.

Menanggapi harapan Presiden Soeharto itu. Dalam pertemuan tersebut, Konselir Kohl menyatakan kesanggupannya untuk mendorong pengusaha-pengusaha Jerman Barat agar mau menanamkan modalnya di Indonesia.


Sumber : Buku Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi : Oval Andrianto
Editor : Sukur Patakondo