PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Keprihatinan Presiden Soeharto Kepada Warga Gempa Bumi

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,
Rabu, 7 November 1979 --- Presiden sangat prihatin sehubungan dengan terjadinya gempa bumi di Jawa Barat, dan mengharapkan agar rakyat yang terkena musibah tetap tawakal kepada Tuhan Yang Maha Esa. Keprihatinan ini diungkapkan Sesdaplobang, Solichin GP, kepada penjabat Pemerintah Daerah Jawa Barat dan masyarakat setempat setelah meninjau daerah yang terkena musibah itu hari ini.

Keprihatianan Presiden itu juga terkesan dalam sidang kabinet terbatas bidang Ekuin yang dipimpinnya pagi ini di Bina Graha. Didalam bidang hari ini Presiden memutuskan untuk memberikan sumbangan bagi korban bencana alam dan gempa bumi di Jawa Barat berupa 10 zak semen untuk setiap rumah penduduk yang rusak. Selain itu diinstruksikan pula  oleh Presiden agar departemen-departeman yang terkait berusaha melancarkan persediaan bahan bangunan di daerah yang terkena bencana. Juga diminta oleh Kepala Negara supaya bangunan-bangunan, terutama sekolah-sekolah, yang rusak atau hancur segera diperbaiki atau di bangun kembali.

Dalam pada itu, menyangkut acara rutinnya, sidang kabinet memutuskan untuk membebaskan para petani yang tergolong dalam enam kategori dari kewajiban membayar tunggakan kredit Bimas padi dan Plawijaya yang sudah diambil mereka dalam musim tanam 1970/1971 sampai musim bencana alam, petani yang bertansmigrasi , petani yang ditanamnnya terserang hama, pertani yang kreditnya disalahgunakan oleh pihak ketiga, petani yang meningggal dunia, dan petani yang beetul-betul tidak mampu lagi membayar tunggakannya. Dengan keputusan ini Pemerintah bermaksud dapat memperluas lagi partisipasi para kredit Bimas dan meningkatkan produksi pangan.



Sumber : Buku Jejak Langkah Pak harto Jilid 1-6
Publikasi : Oval Andrianto
Editor : Sukur Patakondo