PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Anugerah Bintang Jasa Pratama Kepada Mediang Dr. J Sintanala

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,
Rabu, 12 November 1975 --- Presiden Soeharto menganugerahkan tanda kehormtan Bintang Jasa Pratama kepada mediang Dr. J Sintanala, berkat jasa-jasanya yang besar terhadap bangsa dan negara, khususnya dalam pemberantasan penyakit kusta. Penghargaan tersebut diserahkan Gubernur Maluku, Soemeru, kepada Nyonya Ursula Bohner Sintanala dalam acara peringatan Hari Kesehatan ke-11 di RSU Kudamati, Ambon.

Sekertaris Jenderal Departemen Dalam Negeri, Sunandar, Prijosoedarmo, siang ini menghadap Presiden Soeharto di Bina Graha. Dalam kedudukanya sebagai Ketua Tim Satgas Timor Portugis ia melaporkan kegiatan team dipimpinya dalam rangka pengiriman bantuan kemanusiaan kepada para pengungsi yang berada di wilayah Indonesia. Indonesia selama ini telah mengirimkan bantuan dari Ambuta ke daerah perbatasan itu kurang lancar,karena terbatasnya transportasi.



Sumber : Buku Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi : Oval Andrianto

Hari ini Kepala Negara juga menerima Bupati/Kepala Daerah tingkat II Belu, Ketua DPRD Tingkat II Belu, dan Direktur Jenderal Bimas Katolik, Djoko Muljono. Setelah pertemuan itu, Bupati Belu, Markus Diduk, mengatakan kepada pers bahwa bantuan pusat sudah mencukupi, akan tetapi bantuan tersebut sering terlambat diterima oleh para pengungsi karena lokasinya yang sulit. Ditambahkan oleh Ketua DPRD tingkat II Belu, Joseph Androda, bahwa untuk membantu meringankan penderitaan para pegungsi  tersebut diperlukan biaya sebesar Rp 5 juta setiap harinya. Hingga saat ini diperkirakan bahwa jumlah pengungsi yang sudah memasuki wilaya Indonesia adalah sebanyak 35.000 orang; jumlah ini belum termasuk mereka yang mondar mandir melintasi perbatasan.