PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Presiden Soeharto Memimpin Sidang Kabinet Tentang Perkembangan Moneter

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,
Rabu, 7 Oktober 1981---Jam 10.00 pagi ini, Presiden Soeharto memimpin sidang kabinet terbatas bidang Ekuin yang berlangsung di Bina Graha. Sidang hari ini antara lain telah mengevaluasi perkembangan moneter. Dilaporkan terjadinya penurunan laju inflasi pada bulan September yang minus 0,19%, sedangkan bulan September 1980 tercatat sebesar 0,36%. Begitu juga tercatat penurunan laju inflasi selama sembilan bulan terakhir tahun ini yang sebesar 5,73%, dibandingkan dengan periode yang sama tahun 1980 yang mencapai 11,8%.

Selain itu telah dibahas pula berbagai masalah, antara lain masalah pertanian, yang mencakup harga dasar palawijaya dan garam, serta pengalihan perusahaan ternak unggas besar dan menjadi pengusaha penyediaan bibit dan makanan ternak ayam. Masalah yang terakhir ini, seperti yang diisntruksikan Presiden beberapa waktu yang lalu, tidaklah dimaksudkan untuk mematikan pengusaha besar, melainkan untuk memberi kesempatan kepada pengusaha kecil untuk dapat berusaha dalam bidang peternakan ayam.

Sidang hari ini telah menyetujui untuk meningkatkan fungsi BKPM dengan tugas melaksanakan perencanaan terpadu sesuai dengan Keputusan Presiden No. 33 Tahun 1981. Untuk itu telah dikeluarkan DSP gaya baru.

Menutup hari ini, Kepala Negara menginstruksikan agar pada apel bendera pada tanggal 17 setiap bulan, pimpinan departemen mengumumkan tindakan terhadap aparatur pemerintah yang melakukan penyimpangan-penyimpangan yang merugikan negara.

Presiden Soeharto atas nama rakyat dan Pemerintah RI mengirimkan kawat ucapan belasungkawa kepada Pejabat Presiden Mesir dan Nyonya Jeehan sadat berkenaan dengan tewasnya Presiden Anwar Sadat. Sehubungan dengan itu, Presiden memutuskan untuk mengutus Menteri Agama Alamsyah Ratu Perwiranegara sebagai wakil Pemerintah RI pada upacara pemakaman jenazah Presiden Sadat.

Sumber : Buku Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6

Publikasi : Sukur Patakondo