PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

KTT ASEAN Merupakan Dasar yang Kuat Bagi Perkembangan ASEAN di Masa Depan

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,
Jum'at 21 Oktober 1988 --- Pukul 10.00 pagi ini Presiden soeharto mengadakan pembicaraan dengan PM Chatichai choonhvan di Isatana Merdeka. Dalam pembicaraan yang berlangsung selama satu setengah jam itu, telah di bahas bebagai masalah bilateral, regional, dan Internasional. Kedua pemimpin itu bersepakat untuk lebih meningkatkan lagi kerjasama yang telah berkembang antara kedua negara selama ini. Dalam hubugan ini PM Chatichai antara lain telah mengajukan permintaan untuk dapat membeli pesawat helikopter buatan IPTN.

Keduanya juga menyambut baik hasil pertemuan para menteri ekonomi ASEAN yang dicapai dalam pertemuan mereka di Thailand belum lama ini. Presiden soeharto menekan agar pentingnya kerjasama antara negara-negara anggota ASEAN lebih dikembangkan lagi. Diharapkannya negara-negara ASEAN dapat saling mengisi dan tidak saling bersaing satu dengan yang lainya. Misalnya tidak mendirikan lagi pabrik pupuk di negaranya, karena Indonesia telah benyak menghasilkan pupuk. 

Kedua pimpinan juga sepakat bahwa dasar-dasar pembentikan ASEAN dan persetujuan yang telah dicapai dalam ketiga KTT ASEAN merupakan dasar yang kuat bagi perkembangan ASEAN di masa datang. 

Bertempat di Istana Negara, Presiden dan Ibu Tien Soeharto malam ini menyelenggarakan jamuan santap malam resmi untuk menghormat Predana Menteri dan Nyonya Chatichai Choonhavan. Dalam kata sambutanya, Kepela Negara menyatakan bahwa kerjasama dan saling pengertian yang selama ini terjalin antara Indonesia dan Thailand akan terus bergerak maju dan berkembang di berbagai bidang kegiatan. Hubungan antara rakyat Thailand dan rakyat Indonesia yang telah berabad-abad lamanya merupakan landasan yang kukuh bagi terjalinya hubungan persaudaraan yang akrab antara kedua bangsa dan negara selama ini dan di masa-masa yang akan datang.

Sumber : Buku Jejak langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi : Oval Andrianto