PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Presiden Soeharto Membukan Rapay Pimpinan Departemen Pertanian di Istana Negara

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,


Rabu, 27 September 1978 --- Pukul 09.00 pagi ini, bertempat di Istana Negara, Presiden Soeharto membuka Rapat Pimpinan Departemen Pertanian. Dalam pidato sambuyannya, Presiden bahwa ia menganggap rapat ini sangat penting dalam usaha pemantapan rancangan pembangunan pertanian Pelita III yang akan datang.
Selanjutnya dikatakan oleh Kepala Negara bahwa sekalipun peranan sektor pertanian akan menurun dari sekitar 31% dewasa ini menjadi 27% dalam tahun  1983/1984, akan tetapi sektor pertanian akan masih tetap merupakan titik pusat pembangunan dalam Repelita III. Pentingnya sektor pertanian akan lebih jelas lagi bila dihubungkan  dengan pembangunan industri yang pertumbuhannya didorong untuk mengolah bahhn mentah menjadi bahan jadi atau setengah jadi, terutama dari hasil pertanian.
Lebih jauh dikemukakannya bahwa dalam pembangunan pertanian kita harus selalu berusaha agar timbul  produk-produk baru yang lebih sempurna dan mutunya lebih baik, seperti bibit unggul dan lain sebagainya. Untuk ini, demikian ditegaskannya, penelitian pertanian harus selalu berorientasi pada tuntutan-tuntutan baru pembangunan pertanian dengan  memanfaatkan sebesar-besarnya tenaga, dana dan sarana fisik penelitian yang tersedia.

Sumber : Buku Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi : Rayvan Lesilolo