PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Presiden Soeharto Menyampaikan Amanat Kenegaraan di Sidang Pleno DPR

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,,,,
JUM’AT, 16 AGUSTUS 1985 --- Dalam rankaian acara peringatan ulang tahun proklamasi kemerdekaan RI ke-40, pagi ini Presiden Soeharto menyampaikan amanat kenegaraanya di depan sidang pleno DPR di Senayan, Jakarta. Dalam amanatnya Kepala Negara antara lain telah mengingatkan kembali agar aparatur pemerintahan selain bersih dan berwibawa juga harus menjadi kekuatan pendorong bagi pembaharuan dan pembangunan masyarakat. Dikatakannya bahwa peranan aparatur pemerintahan jangan sampai menutup ruang gerak bagi kegairahan dan prakarsa masyarakat sendiri.
Kepala Negara mengatakan bahwa selama 40 tahun merdeka, telah banyak yang diperbuwat bangsa Indonesia. kita telah dapat melampaui saat-saat sulit dalam perkembangan dan pertumbuhuan kita untuk menjadi bangsa yang semakin dewasa, matang dan tahan uji. mengingat tegus masa depan yang makin besar, Presiden menegaskan perlu melaksankan sebaik-baiknya tugas meletakan kerangka landasan pada tahap sekarang agar pada saat tinggal landas menuju masyarakat Pancasila dapat berjalan lancar dan selamat.
Salah satu kemajuan besar yang di ungkapkan oleh Presiden di dalam pidatonya adalah tumbuh dan berkembangnya budaya politik yang lebih bersuasana kekeluargaan ini merupakan kemajuan besar dalam perkembangan politik selama 20 tahun ini. Di samping itu kemajuan besar lainnya adalah teradisi konstitusional yang di jalankan selama Orde Baru. Dikatakannya, koreksi total dan pembaharuan yang dilakukan Orde Baru adalah untuk meluruskan penyimpangan-penyimpangan dalam melaksanakan Pancasila dan UUD 1945.
 
Sumber : Buku Jejak Langkah Pak Soeharto Jilid 1-6
Publikasi : Rayvan Lesilolo