PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

kebijaksanaan Kepala Negara di Sampaikan Dalam Sidang Kabinet Terbatas Bidang Ekuin di Bina Graha.

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,
RABU, 3 JUNI 1987

Setelah barhalal-bihalal dengan para menteri, pagi ini Presiden Soeharto memimpin sidang kabinet terbatas bidang Ekuin di Bina Graha. Didalam sidang hari ini Kepala Negara meminta agar kebijaksanaan pembinaan dan pengembangan industri dalam rangka memantapkan kerangka landasan yang sudah dilaksanakan melalui rancang bangun dan perekayasaan dikembangkan terus.

Diungkapkan didalam sidang bahwa laju inflasi bulan Mei lalu yang mencapai 1,85% yang berarti lebih tinggi bila dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Kenaikan ini disebabkan oleh meningkatnya harga kelompok makanan sebesar 3,34%, sandang 3,10%, perumahan 0,29%, aneka barang dan jasa 0,45%. Laju inflasi tahun takwim, antara Januari sampai Mei 1987, adalah sebesar 3,4%, sedangkan laju inflasi selama tahun anggaran dari April sampai Mei adalah 1,94%. Ini berarti lebih tinggi bila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu yang tercatat sebesar 1,37%. Jumlah uang yang beredar selama bulan Maret yang lalu adalah Rp 11,815 triliun.

Neraca perdagangan bulan Mei menunjukkan surplus sebesar US$114,1 juta; surplus ini berasal dari selisih ekspor yang senilai US$1,223 milyar dan impor sebesar US$1,109 milyar. Mengenai persediaan barang-barang strategis dilaporkan bahwa stok pupuk, semen, garam, minyak goreng, dan besi baja mantap dan terkendali.

Publikasi, Lita.SH