PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Pembukaan Kongres ke-3 Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) dibuka Oleh Presiden Soeharto

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,
SENIN, 13 MEI 1985

Presiden Soeharto pagi ini di Bina Graha membuka Kongres ke-3 Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi). Kongres tersebut akan berlansung sampai tanggal 16 Mei mendatang.

Dalam sambutannya antara lain mengingatkan bahwa dalam pengelolaan, rumah-rumah sakit hendaknya berpegang teguh kepada arah pembangunan kesehatan yang telah digariskan dalam GBHN. Dikemukakan bahwa dalam GBHN ditegaskan bahwa untuk mempertinggi taras kesehatan dan kecerdasan rakyat, pembangunan kesehatan perlu ditingkatkan lagi dengan mengembangkan sistem kesehatan nasional. Peningkatan kesehatan itu dilakukan dengan partisipasi aktif masyarakat, dan diarahkan terutama kepada golongan masyarakat yang berpenghasilan rendah, baik di desa maupun di kota.

Demikian antara lain dikatakan Presiden.

Jam 14.00 sampai 16.00 sore ini, bertempat di Istana Merdeka Presiden Soeharto menerima kunjungan kehormatan Perdana Menteri Rumania, Constantine Dascalescu, yang menjadi tamu Wakil Presiden Umar Wirahadikusumah. Dalam kunjungan itu telah dilakukan tukar menukar cinderamata dan pembicaraan tidak resmi. Pembicaraan tersebut meliputi penjajakan terhadap kemungkinan-kemungkinan bagi peningkatan kerjasama antara kedua negara, terutama dalam bidang ekonomi dan perdagangan. Aspek-aspek yang dibahas antara lain meliputi sektor pertambangan, industri dan pertanian.

Pada kesempatan itu PM Dascalescu telah mengulang lagi undangan Presiden Rumania agar Presiden Soeharto dapat mengunjungi negeri tersebut. Presiden Soeharto menyatakan menerima baik undangan itu, akan tetapi belum dapat menentukan kapan ia akan dapat memenuhinya.

Publikasi, Lita.SH