PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

ASEAN HARUS MAMPU URUS STABILITAS KAWASAN

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,

Buka Pertemuan Antar Parlemen ASEAN, Presiden Soeharto: ASEAN Harus Mampu Urus Stabilitas Kawasan

KAMIS, 9 JANUARI 1975 Presiden Soeharto pagi ini secara resmi membuka pertemuan antar parlemen negara-negara ASEAN di Istana Negara. Dalam amanatnya, Kepala Negara mengatakan bahwa kerjasama ASEAN dalam jangka panjang tidak hanya dalam bidang ekonomi, sosial dan kebudayaan saja, melainkan dapat pula dikembangkan dalam bentuk yang lebih luas. Dengan pengembangan kerjasama yang demikian, maka negara-negara ASEAN diharapkan oleh Presiden akan mampu mengurus masa depan, kemajuan dan perdamaian dikawasan ini. Untuk mencapai maksud tersebut, maka semangat dan tujuan ASEAN perlu dihayati oleh masyarakatnya secara luas dan mendalam, sehingga kekuatan ASEAN benar-benar tumbuh dari dalam masyarakat.

Juga diingatkannya, bahwa untuk mendukung tujuan ASEAN diperlukan sikap yang realistis, sehingga kita terhindar dari pemilihan sasaran yang bersifat muluk dan sulit dicapai. (AFR)

[1] Dikutip langsung dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 27 Maret 1973-23 Maret 1978″, hal 201-202. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003