PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Presdien Soeharto Memimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,

Kamis, 1 Oktober 1987 --- Hari Kesaktian Pancasila diperingati dalam suatu upacara yang dipimpin oleh Presiden Soeharto di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, pagi ini. Acara tersebut berlangsung dengan khidmat dan mengingatkan segenap hadirin akan kekejaman yang dilakukan PKI di tempat itu dan tempat-tempat lain di seluruh Indonesia. Sebagaimana tradisi yang berlangsung selama ini, Upacara Hari Kesaktian Pancasila pagi ini diisi dengan naskah pembacaan Pancasila dan Pembukaan UUD 1945, yang masing-masingnya dibacakan oleh Ketua DPR/MPR Amirmachmud dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Fuad Hassan.
Setelah upacara resmi selesai, Presiden dan Ibu Soeharto, bersama hadirin lainnya, meninjau sumur tua tempat jenazah para Pahlawan Revolusi dibuang oleh orang-orang komunitas 22 tahun yang lalu. Peninjauan juga dilakukan di rumah di.mana para Pahlawan Revolusi disekap dan disiksa, sebelum dimasukkan ke sumur tua itu.
Pukul 10.00 pagi ini, Presiden Soeharto menghadiri acara pengambilan sumpah/janji para anggota DPR dan MPR. Acara ini berlangsung di gedung DPR/MPR di Senayan, Jakarta Selatan. Pada kesempatan itu Kepala Negarabmenyerahkan kepada pimpinan MPR bahan-bahan  mengenai GBHN yang dipersiapkan oleh Team Sembilan.

Sumber : Buku Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi : Rayvan Lesilolo