PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Presiden Soeharto Meresmikan Pusat Aromatik di Sumatera Selatan

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,
Sabtu, 19 Juli 1986. --- Pagi ini  di plaju,Sumatera Selatan, Presiden Soeharto  meresmikan Pusat Aromatik yang mampu  memproduksi 450ton PTA (purifield terephtail acid) sehari.Proyek ini merupakan  pabrik jenis  baru  yang pertama dimiliki Indonesia, yang  menghasilkan bahan baku utama bagi  inustri tekstil.
Dalam sambutannya,Presiden  mengatakan  bahwa  sebanyak  mungkin mengolah  kekayaan  alam di negeri sendiri  merupakan salah satu segi yang sangat penting  dari pembangunan kita, karena kekayaan  alam itu  memang  harus  kita olah untuk sebesar -besar kemakmuran  rakyat. Dengan  mengolah bahan baku  di negeri sendiri berarti membuka kesempatan kerja  lebar,menggerakan  kegiatan  ekonomi lebih luas  memperoleh nilai tambah  yang makin besar dan juga menghemat devisa   yang semula  kita gunakan untuk mengimpor bahan baku.
Selanjutnya  diingatkan oleh Presiden  bahwa  jika dalam pembangunan pabrik-pabrik   yang makin  canggih  kita masih  memerlukan  tenaga asing,maka hadirnya tenaga-tenaga  asing itu justru  kita manfaatkan sebaik- baiknya guna  alihteknologi dan  ketermapilan.kita  menyadari  sedalam- sedalamnya bahwa kita pun harus terus bergerak kearah  kemandirian  dalam  bidang  indusrtri.Dan hal itu hanya  akan tercapai   dengan  makin banyaknya  tenaga  Indonesia  sendiri  yang mampu  menguasai teknologi  yang  makin  canggih dan keterampilan -keteampilan lainnya.

Sumber : Buku Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi : Rayvan Lesilolo