PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Presiden Soeharto Membuka Rapat Kerja Departemen Perdagangan dalam Suatu Upacara di Istana Negara

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,
Senin, 25 Juli 1988. --- Pukul  09.00 pagi ini, Presiden Soeharto  membuka  Rapat  kerja  Departemen  Perdagangan  dalam suatu  upacara di Istana Negara.Dalam amanatnya  Kepala Negara  antara lain  mengatakan  bahwa  deregulasi  dan debirokratisasi  sama  sekali  bukan  liberalisasi.Dijelaskannya  bahwa dalam pembangunan bangsa kita  pada umumnya  dan pembangunan  ekonomi khususnya, secara ideologi  kita  telah menegaskan  bahwa kita  tidak akan meluncur  kearah  liberlisme,kita  telah  menegaskan bahwa  memperhatikan  hukum-hukum ekonomi  nasional,tetapi  kita tidak  membiarkan  semuanya  berjalan  semata-mata  ditentukan  oleh kekuatan-kekuatan  ekonomi  nasional  kita  terjun dalam pertarungan  bebas  yang  dapat  saling mematikan.
Ditegaskan  oleh Presiden  bahwa  yang kita  lakukan menggalang  semua kekuatan ekonomi  nasional  kita  agar  dapat  tumbuh  dan sehat.  Dalam menggalang  kekuatan ekonomi  nasional  ini mutlak  adanya  keterpaduan  arah dan kegiatan di semua  sektor. Sektor yang satu  harus merupakan penunjang  bagi  tumbuhnya  sektor-sektor  yang lain. Keterpaduan  itu jelas antara kekuatan-kekuatan  sektor  negara, sektor swasta,  dan koperasi.
Pada jam 10.00 pagi ini. Selama  hampir dua jam, Presiden   Soeharto mengadakan pembicaraan  dengan Pangeran  Sihannouk  di Istana  Merdeka.  Pembicaraan antara kedua pemimpin  itu bersifat  tukar pikiran  tentang  langkah-langkah  yang seharusnya  ditempuh  untuk mensukseskan  pelaksanaan  Jakarta  Informal  Meeting  yang  pada  saat ini tengah  berlangsung  di Istana Bogor.