PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Presiden Soeharto Meresmikan Proyek Asahan

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,
Selasa, 6 November 1984 --- Hari ini di Kuala Tanjung, Sumatera Utara, Presiden Soeharto meresmikan proyek Asahan selesai dibangun seluruhnya. Proyek ini merupakan proyek terpadu terbesar yang dibangun dimiliki Indonesia sampai saat ini, sekalipun gagasan pemanfaatan sungai Asahan sudah ada sejak zaman kolonial. Tenaga listrik dibangkitkan dan air terjun Singura-gura dalam proyek ini dipergunakan sebagai sumber tenaga bagi peleburan Aluminium di Kuala Tanjung. Sebagai tanda selisinya pembangunan proyek Asahan, maka dalam acara peresmian hari ini dilakukan penyulutan tungku terakhirnya.

Menyambut beroperasinya proyek Asahan, Kepala Negara mengatakan bahwa dengan terus menumbhkan pusat-pusat penggerak pembangunan yang merata diseluruh tanah air, maka pembangunan kita bukan saja mencapai pertumbuhan yang cukup tinggi, melainkan juga menyebarkan pemerataan. Proyek Asahan merupakan salah satu pusat penggerak pembangunan yang demikian. Tenaga Listrik yang dihasilkan di Asahan, Jalan-jalan raya dan pelabuhan yang telah dibangun, jelas bukan saja untuk mendukung  peleburan aluminium  di Kuala Tanjung, melainkan juga untuk menghidupkan kegiatan ekonomi dan pembangunan yang lebih luas demi kemajuan kesejahteraan rakyat di daerah ini.

Selanjutnya Presiden meminta kepada semua pihak, kepada masyarakat, khususnya kepada Otorita Proyek Asahan, agar dalam mengembangkan pembangunan daerah, dengan penuh tanggung jawab ikut  melestarikan alam dan lingkungan wilayah yang mendukung kekayaan alam ini. Dengan tanggung jawab yang demikian, kita bukan saja mewariskan proyek-proyek yang besar yang bermanfaat bagi generasi-generasi yang akan datang, tetapi juga mewariskan kekayaan dan lingkungan alam yang lestari yang juga merupakan milik generasi-generasi yang akan datang itu . demikian Presiden.

Selain Ibu Soeharto, upacara peresmian dihadiri oleh penjabat-penjabat pusat daerah. Dintara para Menteri Kabinet Pembangunan yang hadir tampak Menteri Kordinator bidang Ekuin, Ali Wardana, Menteri/Sekertaris Negara, Shudarmono, Menteri Dalam Negeri, Soepardjo Roestam, Menteri Perindustrian, Hartato, menteri Pertambangan dan Energi, Subroto, Menteri Koperasi, Bustanil Arifin, dan Menteri Muda/ Sekertaris Kabinet, Moerdiono.


Sumber : Buku Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi : Oval Andrianto
Editor : Sukur Patakondo