PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Surat Kepercayaan Berturut-turut dari Berbagai Negara untuk Presiden Soeharto

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,
Sabtu, 27 Oktober 1984 --- Secara berturut-turut, pagi ini di Istana Merdeka, Presiden Soeharto menerima surat-surat kepercayaan dari para duta besar tiga Negara sahabat. Para duta besar ini adalah Duta Besar Republik Demokrasi Rakyat Aljazair, Mohamed Kossouri, Duta Besar Kerajaan Denmark, Amders Bradstrup, dan Duta Besar Republik Sosialis Romania, Valeriu Goergescu.

Dalam pidato  balasannya kepada Duta Besar Aljazair, Presiden Soeharto mengatakan bahwa sebagai neraga yang sedang membangun, maka kedua bangsa memikul tugas dan tanggungjawab yang tidak ringan. Kedua Negara tidak saja harus melaksanakan pembangunan nasional dengan sarana yang terbatas untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi yang menyolok antara negara-negara maju dan Negara-negara berkembang. Untuk mengatasi hal itu, maka negara-negara yang sedang membangun perlu tetap gigih berjuang untuk mewujudkan Tata Ekonomi Dunia Baru, yang lebih menjamin keadilan dan kemajuan bagi semua bangsa tanpa kecuali.

Ketika menerima surat kepercayaan Duta Besar Denmark, Presiden Soeharto mengatakan sambutan dengan gembira keiginan dan usaha Denmark untuk aktif mengambil bagian dalam pembangunan Indonesia. Dalam hubungan ini Presiden berharap agar hubungan baik dan kerjasama yang saling bermanfaat antara Denmark dan Indonesia yang telah terjalin erat saat ini akan terus berlanjut dan makin meluas di masa mendatang.

Sementara itu, kepada Duta Besar Romania, Presiden Soeharto menyatakan kegembiraannya menyaksikan hubungan persahabatan yang makin erat dan saling pengertian yang makin dalam antara kedua Negara. Dikatankannya bahwa hubungan  itu perlu senantiasa diperkukuh dan ditingkatkan, baik dalam hubungan bilateral maupun diforum-forum internasional. Sebab, demikian Presiden, hal ini sedikit atau banyak tentu akan ikut memberi sumbangan bagi perdamian dunia dan kesejahteraan umat manusia.


Sumber : Buku Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi : Oval Andrianto
Editor : Sukur Patakondo