PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Presiden Soeharto Menerima Sembilan Peserta Jepang Dalam Pertemuan Forum Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Indonesia

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,,


Selasa, 2 Oktober 1984 --- Pukul 09.00 pagi ini bertempat di Bina Graha, Presiden Soeharto menerima sembilan peserta Jepang dalam pertemuan Forum Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Indinesia-Jepang. Forum ini bertujuan untuk menggalakkan kerjasama antara Indonesia dan Jepang dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Panitia Pengarah Forum di pihak Jepang adalah Prof Dr Keichi Oshima, dan di pihak Indonesia adalah Menteri Riset dan Teknologi BJ Habibie.
Dalam pertemuan itu Presiden Soeharto mengharapkan agar forum tersebut dapat lebih digalakkan untuk mempererat kerjasama di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi antara kedua negara bagi kepentingan pembangunan. Menurut Presiden, hal ini diperlukan untuk melengkapi kerjasama yang telah dilakukan oleh kedua belah pihak dalam bidang-bidang lainnya selama ini.
Setengah jam kemudian, ditempat yang sama, Presiden menerima Menteri Perindustrian Hartarto, Menteri Muda UPPDN Ginandjar Kartasasmita dan Gubernur DKI Jakarta R Soeprapto. Mereka menghadap Kepala Negara sehubungan dengan rencana penyelenggaraan pameran “Produksi Indonesia 1985” pada bulan Agustus, bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-40.
Presiden Soeharto pada prinsipnya menyambut baik rencana pameran tersebut. Akan tetapi ia mengingatkan agar pameran “Produksi Indonesia 1985” itu tidak diadakan untuk memamerkan diri, melainkan untuk dan harus dapat membangkitkan kesadaran, kecintaan serta semangat kebangsaan rakyat Indonesia dalam menggunakan produksi dalam negeri.


Sumber : Buku Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi : Rayvan Lesilolo