PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Presiden dan Ibu Soeharto Meresmikan 297 Pabrik yang Tersebar di Delapan Provinsi

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,
Rabu, 25 Juli 1990. --- Pagi ini, bertempat di  PT  Matshusita  Gobel  Battery  Industry  di Jakarta Timur,Presiden  dan Ibu Soeharto meresmikan 297 pabrik  yang tersebar  di delapan  provinsi. Pabrik –pabrik  yang  diresmikan itu meliputi  120 pabrik  baru dan 159  perluasan  pabrik;  investasi  seluruhnya  berjumlah  sekitar Rp 1,19  triliun  dan  U$$ 177 ,59  juta. Dari 297 pabrik  itu terdapat  110  pabrik  tekstil , 81  pabrik kimia hilir  dan 88  pabrik alat listrik  dan logam, yang tersebar  di DKI  Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur,  Bali,  Kalimantan, Sumatera Selatan  dan Sumatera Utara.
Menyambut peresmian  itu, Kepala Negara  mengatakan  bahwa  bahwa sebagian  dari pabrik-pabrik  yang diremikannya  hari ini  menghasilkan  alat-alat listrik, barang-barang logam,sepeda, kacamata ,jam dan lain-lain dikatakannya  bahwa  cabang industri  seperti  yang  padat  karya.peluang  ini perlu kita manfaatkan  sebaik-baiknya  terutama  untuk menciptakan  lapangan kerja baru  dan untuk meningkatkan  ekspor  non-migas.
Lebih  jauh  dikatakannya  bahwa  cabang industri  ini kita  diharapkan akan berkembang  lebih cepat lagi, dengan  adanya  pabrik-pabrik  yang  menghasilkan  komponen-komponen  barang-barang  tadi. Kebutuhan barang –barang  ini  di dalam  negeri  juga akan terus meningkat sejalan  dengan bertambah baiknya tingkat  kehidupan  masyarakat kita.

Sumber : Buku Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi : Rayvan Lesilolo