PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Presiden Soeharto Memberikan Sambutan Pada Acara Wisuda IPB di Bogor

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,


Sabtu, 26 September 1987 --- Presiden Soeharto mengingatkan bahwa menjadi sarjana tidak berarti segala-galanya. Karena tidak sedikit orang yang tidak mempunyai kesempatan mengenyam pendidikan tinggi dan tidak menjadi sarjana, namun hidupnya ternya dapat memberi maknabagi dirinya sendiri, keluarga, orang lain, dan bagi masyarakat. Kendati demikian, para sarjana memikul kewajiban moral lebih besar untuk mengabdi kepada rakyat, karena sesungguhnya seluruh rakyat Indonesia ikut membiayai mereka dalam menyelesaikan pendidikan sampai di jenjang perguruan tinggi.
Demikian dikatakan Kepala Negara ketika ia mewakili para orang tua sarjana memberikan sambutan pada acara wisuda sarjana IPB hari ini di Bogor. Prtesiden Soeharto bertindak mewakili orang tua sarjana pada acara tersebut karena puterinya, Siti Hutami Endang Adiningsih, tahun ini menamatkan pendidikannya di Fakultas Matematik dan Ilmu Pasti Alam.
Menyinggung peranan para sarjana pertanian dalam pembangunan, Kepala Negara mengingatkan bahwa mereka memiliki tanggung jawab besar, baik saat ini maupun masa mendatang. Karena pertanian merupakan pusat dan medan juang serta penggerak pembangunan. Pembangunan pertanian itu mulia nilainya karena bagian terbesar masyarakat Indonesia adalah kaum tani yang sedang bergulat untuk menaikkan taraf hidup mereka.

Sumber : Buku Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi : Rayvan Lesilolo