PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Jejak Langkah Pak Harto 31 Juli 1973 - 31 Juli 1982

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,
Selasa, 31 Juli 1973.
Sidang  Dewan  Stabilisasi  Ekonomi  Nasional  berlangsung  di Bina Graha pukul  10.00 agi ini.  Sidang  yang dipimpin  oleh  Presiden  Soeharto  itu memutuskan  bahwa  rice estate membuka pintu  bagi modal  swasta, termasuk  sawasta asing.  Adapun  syarat penanaman  modal swasta  dalam bidang  ini adalah kesanggupan  murni swasta  tanpa bantuan pemerintah.

Sabtu, 31 Juli 1976.
Presiden Soeharto  pagi ini memulai  kuningan kerja selama  dua hari di Jambi.  Di Pulau Punjung, ia mersmikan jalan  Sawahtambang –Muara Bungo, yang merupakan bahagian  dari jalan raya  mengunjungi  lokasi transmigrasi  di Sitiung  yang teah ditempati oleh lebih kurang  2.000 keluarga sejak  tahun 1950.

Kamis.31 Juli 1980.
Presiden  Soeharto  pagi  ini di Bina Graha menerima Team P7  yang dipimpin oleh Dr. Roeslan Abdulgani. Dalam  kelanjutan pemikiran  mengenai  pelaksanaan P4 di bidang hukum,  demokrasi  Pancasila,adat ,pembangunan  manusia Indonesia  seutuhnya, ilmu  filsafat dan bidang  pemasyarakatan P4 melalui jalur media massa, pendidikan agama  dan etikedkedokteran.
Pertemuan dengan Presiden  yang berlangsung  hampir  dua  jam ini dihadiri  oleh seluruh  anggota team yang terdiri  dari Harsono Tjokroaminot,  Maskun, dr. Soedjono, dr, Satrio, GPH Djatikusumo dan  Rusli  Chalil.  Pertemuan itu juga membicarakan  secara mendalam tentang  usaha peningkatan pemasyarakatan  P4 melalui jalur pendidikan, mediamassa, ormas profesi dan sebagainya.

Sabtu, 31 Juli 1982.
Menteri  Negara PPLH,Emil Salim,seusai  diterima Presiden  Soeharto  di Bina Graha ini mengatakan bahwa Presiden  meminta  para  inspektur jenderal dari semua departemen dan instansi  non –departemen, untuk lebih mengefektifkan pengawsan sesuai dengan fungsinya  sebagai pimpinan.  Diungkapkan  bahwa  dalam bulan Agustus  mendatang ini, Presiden akan mengadakanperteuan khusus dengan inspektur  jenderal.

Sumber : Buku Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6
Penyusun: Eren