PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Kunjungan Pak Harto untuk Pertama Kali ke India

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,
Senin, 1 Desember 1980

Presiden beserta Ibu Soeharto dan rombongan pukul 12.10 waktu setempat tiba di New Delhi, ibukota India, setelah terbang selama kurang dua jam dari  Karachi, Pakistan, Di  Lapangan udara Palam, Presiden dan Ibu Soeharto disambut upacara kenegaraan oleh Presiden India  dan Nyonya Sanjiva Reddy, serta PM Indira Gandhi.

Membahas pidato selamat datang yang diucapkan Presiden Reddy di lapangan udara Palam itu, Presiden Soeharto mengatakan bahwa dalam pandangan Indonesia, India bukanlah hanya negara dan bangsa yang mewarisi sejarah dan kebudayaan yang tinggi, yang  telah berhubungan dengan Indonesia sejak berabad-abad yang lalu. Lebih dari itu, India juga  merupakan sahabat dekat yang bantuan dan rasa kesetiakawanannya yang tulus. Yang telah diberikannya tatkala Indonesia berjuang mempertahankan kemerdekaan, tidak akan dapat dilupakan.  Selanjutnya Presiden Soeharto berharap agar kedua masing-masing  dan juga memberi peranan bagi kebikan dunia, Demikian antara lain pidato Presiden.

Sore ini di New Delhi, Presiden Soeharto mengadakan pembicaraan empat mata denga PM Indira Gandhi. Pembicaraan yang merupakan babak pertama itu membahas masalah-masalah hubungan dan kerjasama  antara kedua negara. Pembicaraan resmi babak kedua dilakukan besok pagi.
Dalam pada itu. Perundingan antara para menteri yang menyertai Presiden juga telah berlangsung dengan rekan-rekan mereka dari India.Menteri Koorinator bidang Ekuin,  Widjojo Nitisasto, mengadakan perundingan dengan menteri perdagangan India,  Pranab  Mukerjee,  sedangkan Menteri Luar Negeri  Mochtar Kusumaatmadja  juga  berunding dengan Menteri Luar Negeri  Narasimha Rao.
Malam ini Presiden dan Ibu Soeharto beserta rombongan menghadiri santap malam kenegaraan yang diselengggarakan oleh Presiden  dan Nyonya Sanjiva Reddy. Memberikan sambutan pada jamuan itu Presiden Soeharto mengatakan bahwa dalam kunjungannya yang pertama kali ini ke India ini, ia tidak merasa  asing, karena India telah sanagt dikenal oleh rakyat Indonesia dan merupakan sahabat tradisionalnya. Lebih jauh dikatakannya bahwa dalam kunjungannya kali ini makan persahabtan  diantara kedua bangsa bertambah erat. Saling pengertiannya bertambah dalam dan kerjasama makin terbukanluas dalam masa-aamsa yang akan datang.



Dibagian lain pidatonya, Presiden Soeharto mengatakan bahwa hubungan kerjasama erat antara kedua negara masih juga bertambah dengan catatan-catatan sejarah tatkala kedua negara berdiri didepan barisan yang melahirkan  Konfrensi Asia-Afrika  yang memberi pengaruh besar bagi lahirnya negara-negara merdeka di kedua benua. Dan sejarah juga mencatat bahwa akar-akar kekuatan non-blok justru telah mulai tertanam sejak Konfrensi Asia–Afrika yang pertama itu, Demikian antara lain dikatakan Presiden Soeharto.