PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Presiden Soeharto Meresmikan Peluasan 3 Pabrik

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,,


Rabu, 10 Oktober 1984 --- Di Gresik, Jawa Timur, pagi ini Presiden Soeharto meresmikan peluasan tahap ke-3 pabrik PT Petrokimia Gresik dan pabrik bahan aktif petisida PT Petrosida Gresik. Dengan perluasan tahap ketiga ini, maka pabrik PT Petrokimia Gresik dapat menghasilkan asam sulfat dengan kapasitas 510.000 ton per tahun, asam fosfat 317.000 ton tahun, aluminium fluorida 12.600 ton per tahun, dan gips 440.000 ton pertahun, Disamping itu akan bertambah pula produksi pupuk ZA sebesar 250.000 per tahun.
Dalam kata sambutanya, presiden mengatakan bahwa dalam merencanakan pembangunan industri, pandangan kita harus menjangkau jauh ke depan. Sejarah pembangunan bangsa yang sekarang telah mencapai kemajuan yang pesat menunjukkan bahwa mereka mencapai tingkat industri yang sangat tinggi karena mereka menguasai ilmu pengetahuan teknologi yang tinggi. Bangsa yang tertinggal penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi akan makin jauh tertinggal di belakang menjelang akhir abad 20 ini. karena kita pun bertekad untuk meningkatkan dan memperluas pembangunan industri kita, maka ilmu dan pengetahuan teknologi itu harus kita kuasai.
Hari ini Pengurus Pusat PWI mengeluarkan sebuah pernyataan sehubungan denngan instruksi presiden Soeharto kepada beberapa menteri untuk mengembil langkah-langkah pencegahan terhadap akibat yang ditimbulkan sadisme pornografi dalam penerbitan pers dan film Indonesia baru-baru ini. Dalam pernyataanya, Pengurus Pusat PWI menyatakan dapat memahami dan menggarisbawahi isi instruksi Presiden tersebut. Pernyataan ini ditanda tangani oleh Ketua Umum PWI Zulharmans, dan Sekertaris Jendral Atang Ruswita.

Sumber : Buku Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi : Oval Andrianto