PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Presiden Soeharto Mengadakan Pembicaraan dengan Presiden Mesir

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,
Selasa, 5 September 1989 --- Pagi ini Presiden Soeharto mengadakan pembicaraan dengan Presiden Mesir, Hosni Mubarak. Dalam pertemuan tersebut keduanya mencapai kesepakatan bahwa kerjasama ekonomi diantara negara-negara dunia ketiga perlu lebih ditingkatkan. Sehubungan dengan itu Menteri Luar Negeri kedua negara diminta untuk menjajaki kerjasama-kerjasama dalam bidang apa saja yang mungkin dapat dikembangkan antara Mesir dan Indonesia.
Hari ini Presiden Soeharto menyampaikan pidatonya didepan sidang KTT Gerakan Non-Blok IX di Beograd. Karena terbatasnya waktu yang disediakan, maka Kepala Negara tidak membacakan seluruh pidatonya, namun ia meminta agar teks pidatonya dicatat  sebagai pidato resmi.
Dalam pidatonya, Kepala Negara mengatakan bahwa dalam menanggapi dan memberi sumbangan secara kreatif dan proses perubahan dan kecenderungan di dunia itu, kita harus senantiasa berpegang teguh pada prinsip-prinsip dasar dan tujuan pokok Gerakan Non-Blok seperti yang telah diwariskan oleh para pendiri Gerakan Non-Blok. Selain itu, kita juga harus memiliki keberanian dan kewulesan sikap untuk mendekati, melalui dialog dan kerjasama yang lebih luas, negara-negara atau kelompok negara lainnya yang berpandangan sejalan dengan kita mengenai perkembangan baru yang sedang terjadi di dunia sekarang ini.
 
Sumber : Buku Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi : Rayvan Lesilolo