PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Kunjungan Presiden dan Ibu Soeharto ke Makassar Membuka Pekan Olahraga Mahasiswa dan Meninjau Pabrik Semen Tonasa.

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,
KAMIS, 15 MEI 1969

Dengan menggunakan pesawat kepresidenan, Jetstar, Presiden dan Ibu Soeharto berangkat menuju Makassar pagi ini. Dalam kunjungan dua hari, Presiden antara lain akan membuka Pekan Olahraga Mahasiswa dan meninjau pabrik semen Tonasa.

Di Makassar, di depan DPRP-GR Sulawesi Selatan, hari ini Presiden mengatakan bahwa Pelita tahap pertama sekarang ini merupakan langkah pertama untuk mencapai kemakmuran yang merata. Menyinggung kelancaran pelaksanaan Repelita, Presiden mengingatkan agar daerah tidak mengambil tindakan yang menyimpang dari kebijaksanaan pusat agar daerah tidak mengambil tindakan yang menyimpang dari kebijaksanaan pusat agar strategi ekonomi nasional berjalan sesuai dengan rencana. Presiden juga menegaskan bahwa bantuan luar negeri hanyalah bersifat sementara, sebab pada akhirnya pembangunan nasional harus sepenuhnya dilakukan berdasarkan kemampuan kita sendiri.

Dalam kunjungannya di Kabupaten Maros, hari ini Presiden dan Ibu Soeharto telah berkesempatan untuk memanen padi PB 8 dan PB 5. Kepada para petani yang menyambut kedatangannya disana, Presiden Soeharto mengatakan bahwa pembangunan pertanian akan dapat membantu rakyat, untuk itulah maka peningkatan produksi pangan sangat penting artinya. Berbagai sektor akan turut meningkat dengan meningkatnya produksi pertanian, demikian Jenderal Soeharto.

Publikasi, Lita.SH