PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Kepala Negara Menerima Kunjungan Khusus Mantan Perdana Menteri Jepang Nakasone di Bina Graha

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,
Senin, 2 Mei 1988

Selama hampir  satu jam, pada  jam 09.00 pagi ini  Kepala  Negara  menerima  Khusus  bekas Perdana  Menteri  Jepang  Nakasone,di  Bina Graha. Dalam  pertemuan  dengan  Presiden,  utusan Khusus  tersebut, Fujiyama, didampingi  oleh dua orang anggota Parlemen Jepang serta Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Sumio Edamura.

Rabu, 2 Mei 1990

Pada jam 08.35 pagi ini Presiden Soeharto membuka sidang kabinet terbatas bidang Ekuin di Bina Graha. Didalam sidang hari ini antara lain diputuskan bahwa Indeks Harga Konsumen (IHK) yang digunakan untuk mengukur tingkat inflansi yang selamaini dihitung dari 17 provinsi,maka sejak bulan Aprilyang baru lalu dihitung dari data 27 provinsi. Selain itu, dasar perhitungan Biro Pusat Statistik untuk mengukur indeks harga yang semula hanya melibatkan 120-150 komoditi, kini ditambah mnjadi 200-224 komoditi.  Dengan kedua cara ini diperoleh data inflasi yang lebih akurat.

Kepada para menteri hari ini Presiden mengintruksikan untuk mempelajari kenaikan harga yang terjadi pada bulan April yang lalu. Ini merupakan reaksi Kepala Negara atas lonjakan inflasi pada bulan tersebut yang mencapai 1,42% sebagai akibat naiknya harga makanan sebesar 2,76% dan kelompok perumahan sebanyak 0,70%.Diintruksikannya pula  untuk terus memantau kenaikan indeks beberapa kelompok harga, padahal persediaan barang dalam keadaan cukup.

Dalam sidang ini dilaporkan bahwa nilai ekspor pada bulan Februari mencapai  US$1,895 miliar, sementara impor tercatat sebesar US$1,338 miliar. Dengan demikian terdapat surplus sebesar US$557 juta. Ekspor tersebut terdiri dari migas sebesar US$739 juta dan komoditi non migas sebesar US$1,156 miliar. Sementara itu dilaporkan pula mengenai akan adanya  peningkatan produksi semen. Hal ini karena telah dilakukannya perluasan terhadap tiga pabrik, Yaitu Andalas,Tonasa, dan Cibinong.dengan perluasan ketiga pabrik semen itu,maka kapasitas produksi pada tahun 1992/1993 menjadi 24,89 juta ton.


Publikasi Lita.SH