PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Presiden Soeharto Meresmikan Gerbang Baluwerti Relief Perjuangan Bangsa Indonesi serta banguanan Soko Tujuh dI Ulang Tahun ke -6 TMII

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,
Senin, 20 April 1981

Hari ini Presiden Soeharto menerima Menteri Hankam/Pangab, Jenderal M Jusuf di Bina Graha. Kedatangan Menteri Jusuf adalah untuk memberikan laporan tentang hasil kujungannya ke Thailand beberapa waktu yang lalu. Sesuai dengan tugas yang diberikan Presiden, di Thailand Jenderal Jusuf mengadakan pembicaraan dengan PM Prem Tinsulanonda. Setelah menjumpai Presiden Soeharto, Jusuf tidak bersedia memberikan informasi mengenai  tugas yang dijalankannya di Thailand itu.
Petang ini Presiden dan Ibu Soeharto menghadiri acara peringatan ulang tahun ke-6 TMII. Pada kesempatan ini Kepala Negara meresmikan “Gerbang Baluwerti Relief Perjuangan Bangsa Indonesi” serta banguanan “Soko Tujuh” yang terletak di pekarangan Museum Indonesia.
Sementara itu dalam sambutannya, Presiden mengatakan bahwa sejak semula telah disadari bahwa dengan membangun TMII dengan berbagai kekhasan budaya masyarakat yang ada diseluruh nusantara, maka peninggalan yang sudah hampir punah dapat dilestarikan. Selain itu, adanya TMII diharapkan dapat memperkokoh dan menyuburkan kesadaran budaya bangsa. Sebab bangsa yang tidak memiliki kesadaran budaya, adalah bangsa yang miskin rohani dan akan menjadi bangsa yang lemah. Oleh karena itu Presiden mengharapkan agar TMII tidak dijadikan sekadar taman rekreasi, melainkan juga sebagai taman pendidikan, khususnya bagi anak-anak.


Publikasi, Lita.SH.