PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Pembuatan Kapal Keruk Timah Oleh Konsorsium Galangan Kapal Indonesia Jauh Lebih Murah Dibanding Buatan Luar Negeri.

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,
Sabtu, 20 April 1985

Menteri Perindustrian, Ir. Hartarto, pagi ini melaporkan kepada Presiden Soeharto di Bina Graha, bahwa Konsorsium Galangan Kapal Indonesia telah berhasil membangun sebuah kapal keruk timah yang berukuran besar seharga Rp28,6 miliar. Menurut Hartarto, harga ini jauh lebih murah dibandingkan dengan apabila dibuat diluar negeri.

Dengan keberhasilan itu, Presiden menginstruksikan kepada Menteri Perindustrian agar di masa-masa yang akan datang semua kapal keruk yang diperlukan oleh PT Timah dibuat saja di dalam negeri, termasuk semua suku cadangnya.

Petang ini Presiden Soeharto menghadiri peringatan ulang tahun kesepuluh TMII. Dalam rangka ini telah diresmikan dua sarana baru TMII, yaitu Desa Wisata dan Padepokan Karyawan.
Dalam amanatnya, Presiden menyatakan kegembiraannya, karena selama satu dasawarsa keberadaannya, TMII telah menjadi tempat rekreasi yang sehat bagi masyarakat. Namun dikatakannya bahwa TMII ini dibangun tidaklah hanya sekedar untuk dijadikan tempat rekreasi, dan juga tidak untuk menarik wisatawan belaka, melainkan juga untuk ikut melestarikan kebudayaan bangsa kita agar tidak punah dilanda oleh kemajuan zaman. 

Publikasi, Lita.SH