PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Tujuan Utama Pembangunan TMII Untuk Menyediakan Suasana Rekreasi Yang sehat Serta Memberikan Kebutuhan Budaya Bagi Masyarakat Indonesia.

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,
Minggu, 20 April 1986

Pukul 15.00 sore ini, bertempat di TMII, Presiden dan Ibu Soeharto, dengan didampingi Wakil Presiden dam Ibu Umar Wirahadikusumah, menghadiri acara peringatan hari ulang tahun ke-21 TMII. Dalam rangka peringatan ulang tahun TMII tersebut, juga diresmikannya proyek-proyek Yayasan Harapan Kita. Proyek-proyek tersebut adalah Istana Anak-anak Indonesia, Taman Bunga Keong Emas, Museum Asmat, Pusat Informasi Budaya dan Wisata, serta Taman Among Putra.

Dalam kata sambutannya, Kepala Negara antara lain mengatakan bahwa tujuan utama pembangunan Taman ini adalah untuk menyediakan suasana rekreasi yang sehat bagi masyarakat, tempat pendidikan dalam arti yang luas, tempat pengenalan dan pengembangan seni budaya bangsa kita dan salah satu pengembangan dunia kepariwisataan. Presiden menjelaskan bahwa dalam derap dinamika masyarakat yang makin sibuk dan maju, maka rekreasi makin hari makin terasa sebagai kebutuhan. Dari segi pendidikan, kita juga menyadari bahwa pendidikan tidak cukup hanya dengan penambahan pengetahuan di sekolah-sekolah, melainkan juga harus dilengkapi dengan pendidikan yang dapat ditimba dalam kehidupan ditengah-tengah masyarakat.

Dikatakannya bahwa sebagai tempat kita memahami dan menikmati seni budaya, maka Taman inipun dapat memberikan kepada kita semua akan kebutuhan budaya kita. Dengan menyaksikan dan menikmati bermacam-macam seni budaya bangsa kita yang bisa kita temui di Taman ini, kitapun makin menyadari betapa besar dan indahnya warisan seni budaya yang kita dapatkan dari pendahulu-pendahulu kita. Dalam segi kepariwisataan, maka jumlah pengunjung yang menunjukkan garis naik dari tahun ke tahun ke tempat ini telah berbicara sendiri mengenai peran Taman ini dalam peningkatan kegiatan pariwisata ini.


Publikasi Lita,SH.