PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Perkembangan Proses Perumusan RUU

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,
Senin, 3 November 1975  --- Menteri Dalam Negeri Amirmachmud  pagi ini menghadap Kepala Negara di Bina Graha. Kedatangannya adalah untuk melaporkan tentag perkembangan proses perumusan RUU No. 15 tentang pemilihan Umum dan RUU No. 16 tentang MPR/DPR dan DPRD Tingkat I seperti diketehui kedua RUU tersebut kini sedang dalam tahap pembahasan di DPR, antara Panitia khusus DPR dengan pemerintah. Presiden Soeharto memberikan perhatian khusus terhadap kedua RUU tersebut, bukan saja karena kedua materi yang dicakupnya merupakan masalah fundametal, melainkan juga karena penyelesaian kedua RUU itu  sudah sangat mendesak, sebab keduanya harus selesai sebelum pemilihan umum yang akan berlangsung.

Masalah pengembangan pertanian dan pendidikan di Irian Jaya  telah dibicarakan  Presiden Seharto dengan Gubernur Provinsi itu, Sutran dan Bupati Jayapura.Th. Messth, di Bina Graha  siang ini,. Selain kedua masalah itu, pertemuan tersebut telah pula membahas masalah-masalah yang menonjol dalam proses  pembangunan di provinsi paling timur itu. Pada kesempatan itu Gubernur Surtan dan Bupati Messth telah menyerahkan seperangkat perlengkapan tradisional masyarakat Irian Jaya, seperti  alat pengorek sagu yang terbuat dari batu, sebagai cinderamata untuk Kepala Negara.

Presiden Soeharto menganjurkan kepada Menteri Negara Riset, Prof. Sumitro, guna membentuk suatu badan nasional untuk penelitian ilmiah dan penerapan teknologi. Badan tersebut dimasudkan sebagai pusat bagi lembaga-lembaga yang berada di luar departemen-departemen dan universitas-universitas, dan bertugas serta mengerahkan dan mengelola  lembaga-lembaga riset. Tujuannya adalah supaya hasil riset lembaga-lembaga tersebut dapat diterapkan dalam bidang indusrtri, pertanian, dan lain-lain. Demikian dikemukakan Menteri  Negara Rise, Prof Sumitro Djojohadikusumo, seteleh menghadap Presiden siang ini bersama Prof.  Baquini maksud kedatangannya adalah untuk melaporkan hasil kunjungannya di Rumania, yang antara lain berupa usul pemerintah negeri sosialis di Eropa Timur itu agar kedua negara itu dapat mengadakan kerjasama dalam bidang ilmu dan teknologi.


Sumber : Buku Jejak Langkah Pak harto Jilid 1-6
Publikasi : Oval Andrianto
Editor : Sukur Patakondo