PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Upacara Pembukaan Musyawarah Nasional Pepabri ke - 8 dan Kunjungan Resmi Presiden dan Nyonya Julius Nyerere

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,
Senin, 12 Oktober 1981 --- Pagi ini Presiden dan Ibu Soeharto menghadiri upacara pembukaan Musyawarah Nasional Pepabri ke-8 yang diselenggarakan di Balai Sidang, Senayan, Jakarta. Membuka musyawarah tersebut, Presiden mengatakan bahwa setelah membebaskan bangsa Indonesia dari penjajahan dan mempertahankan Pancasila, maka tugas berikut Pepabri adalah melopori pelaksanaan Pancasila secara nyata. Dikatakanya tugas ini adalah bagian kelanjutan yang penting dari tugas sejarah generasi pembebas, sehingga bangsa kita dapat melanjutkan pembangunan masyarakat yang maju berdasarkan Pancasila.

Pada kesempatan itu Presiden mengajak anggota Pepabri untuk menjadi organisasi mereka sebagai wadah para pejuang Saptamagara untuk mendukung kepeloporan ABRI dalam  melaksanakan Dwifungsinya. Dan sebagai bagian dari perampungan tugas sejarah Generasi 45, Kepala Negara juga mengajak para purnawirawan menjadikan Pepabri sebagai wadah penerusan nilai-nilai 45. Dalam hubungan ini Presiden menyambut baik dikembangkanya Forum komunikasi putera-puteri warga ABRI

Pukul 10.30 pagi ini, bertempat di Istana Merdeka, Presiden dan Ibu Soeharto menerima Presiden dan Nyonya Julius Nyerere yang melakukan kunjungan pamitan resmi. Sebelum meninggalkan Indonesia Pagi ini kedua kepala pemerintahan telah mengeluarkan pernyataan bersama. Pada dasarnya pernyataan tersebut menekan perlunya kerjasama ekonomi dan teknik diantara negara-negara yang sedang berkembang dengan tujuan untuk meningkatkan secara bersama-sama swadaya masing-masing dan memperkuat posisi berunding dalam kerangka usaha menciptakan tata baru ekonomi Internasional.



Sumber : Buku Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi : Oval Andrianto