PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Pembicaraan Presiden Soeharto dan Presiden Reagan di Oval Room

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,

Selasa, 12 Oktober 1982 --- Pukul 10.00 pagi ini Presiden dan Ibu Soeharto disambut secara resmi oleh Presiden dan Nyonya Ronald Reagan dalam suatu upacara megah dihalaman Gedung Putih. Setelah kata-kata sambutan dari kedua belah pihak., dan perjamuan kecil , diadakan pembicaraan antara Presiden Soeharto dan Presiden Reagan di Oval Room, Gedung Putih, selama satu setengah jam.Kemudian keduanya bergabung dalam pembicaraan yang sedang berlangsung antara penjabat tinggi pemerintahan kedua belah pihak.

Dalam pertemuan tingkat tinggi telah dibahas berbagai masalah yang mencangkup hubungan bilateral maupun Internasional. Juga disinggung msalah Kamboja dimana ditegaskan oleh Presiden Reagan bahwa negerinya mendukung usaha-usaha ASEAN dalam penyelesaian masalah tersebut. Presiden Reagan bahwa Amerika Serikat tidak akan mengurangi komitmenya terhadap ASEAN. Janji ini merupakan jawaban Amerika Serikat terhadap kegelisahan ASEAN sehubungan dengan pembangunan pertahanan Jepang yang direstui  Amerika dan penjualan senjata kepada RRC.

Presiden dan Nyonya Reagan malam ini di Gedung Putih menyelenggarakan jamuan santap malam kenegaraan untuk menghormati kunjungan presiden dan Ibu Soeharto. Dalam sambutanya, Presiden Soeharto mengatakan bahwa diperlukan suasana Internasional yang memungkinkan kelancaran pembangunan bangsa-bangsa. Namun dewasa ini suasana itu jauh dari yang diharapkan. Dewasa ini dunia sedang dilanda oleh resensi ekonomi yang berkepanjangan, disamping pergolakan-pergolakan yang timbul diberbagai kawasn.

Selanjutnya dikatakannya bahwa dalam situasi dunia memprihatinkan itu, pandangan dunia untuk kesekian kalinya tertuju ke Amerika Serikat. Presiden Soeharto menyatakan harapanya agar Amerika Serikat dibawah pimpinan Presiden Reagan tidak henti-hentinya berusaha menegakan kestabilian dan perdamaian dunia, serta mencegah timbulnya bencana bagi umat manusia. Dikatkanya lebih jauh bahwa kekuatan bangsa yang besar ini, sejarah masa lampaunya penuh dengan kegemilangan, komitmennya kepada kepada kemanusiaan, memberi peluang yang besar kepada Amerika Serikat untuk mengambil peranan yang penting dalam usaha seluruh umat manusia menciptakan dunia yang stabil, damai, dan sejahtera.


Sumber : Buku Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi : Oval Andrianto