PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Presiden Soeharto Menerima Para Peserta Rapim ABRI di Istana Merdeka

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,


Jum’at, 30 September 1983 --- Para peserta Rapim ABRI 1983 diterima oleh Presiden Soeharto di Istana Merdeka pagi ini. Pada kesempatan itu, Panglima ABRI , Jenderal LB Murdani, memberika laporran mengenai penyelenggaraan Rapim  ABRI tahun ini. Kepada Presiden kemudian diserahkannya hasil-hasil Rapim yang pada tahun ini bertema “Dengan jiwa kejuangan dan profesionalisme yang tinngi, ABRI bertekad untuk mensukseskan Repelita IV”.
Dalam pengarahannya, Presiden telah mengungkapkan penilaiannya terhadap ABRI. Dikatakannya bahwa sampai sekarang ini ia menilai ABRI telah berhassil baik dalam menjalankan Dwifungsi serta peranannya sebagai stabilisator dan dinamisator. Menurut Presiden, dalam memperjuangkan kayakinannya mengenai apa yang baik bagibangsa ini, ABRI sebagai kekuatan sosial menggunakan cara-cara yang masuk akal dan dengan pendekatan-pendekatan yang demokratis dan konstitusional. Sebagian kekuatan sosial, ABRI dengan sadar menempatkan diri sederajat dengan kekuatan sosial politik lainnya dalam alam Demokrasi Pancasila ini. Sikap yang demikian, menurut Kepala Negara, sungguh merupakan sumbangan yang penting bagi pelaksanaan dan pengembangan Demokrasi pancasila.
Presiden mengarahkan bahwa, sebagaimana yang digariskan dalam GBHN, dalam tahun-tahun yang akan datang kita perlu melanjutkan modernisassi ABRI. Namun yang tidak kalah pentingnya menurut Presiden adalah mengembangkan terus doktrin perlawanan rakyat semesta dalam rangka bela negara, yang dilaksanakan dengan sistem pertahanan keamanan rakyat semesta untuk mempertahankan kkedaulatan dan kemerdekaan negara. Dalam rangka ini Kepala Negara meminta perhatian terhadap pembinaan wilayah dan masyarakatnya, yang perlu terus disesuaikan dengan kondisi dan perkembangan masyarakat yang makin maju.


Sumber : Buku Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi : Rayvan Lesilolo