PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Presiden Soeharto Memimpin Sidang Kabinet Terbatas Bidang Kesra di Bina Graha

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,,


Selasa, 24 September 1974 --- Presiden Soeharto pagi ini memimpin sidang kabinet terbatas bidang Kesra di Bina Graha. Sidang yang berlangsung mulai pukul 10.00 pagi itu telah membahas pelbagai masalah. Diantara keputusan yang diambil oleh sidang hari ini adalah bahwa untuk menghadapi Idul Fitri, pemerintah akan memberikan kredit tanpa bunga kepada pegawai golongan I (termasuk ABRI dan pegawai daerah) dan para pensiunan. Anggaran yang disediakan untuk itu adalah sebesar Rp3,3 milyar. Juga diputuskan bahwa dalam tahun 1974/1975 ini, Pemerintah akan membangun 6.000 unit SD lagi melalui program Inpres. Masih dalam bidang pendidikan dilaporkan bahwa untuk merehabilitasi laboratorium ITB yang mengalami kebakaran, Presiden telah menyediakan dana sebesar Rp170 juta.
Di bidang kesehatan, sidang memutuskan bahwa dalam rangka Inpres No.5 Tahun 1974 akan dibangun sarana kesehatan sebanyak 10.500 unit, selain disediakan fasilitas-fasilitas bagi 3.935 tenaga kesehatan. Anggaran yang diperlukan untuk ini adalah Rp5. 128.342.220.-
Sementara itu Menteri Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Koperasi melaporkan tentang akan diangkatnya tenaga kerja sukarela sebanyak 1353 orang; mereka akan ditempatkan di 24 provinsi. Juga dilaporkannya tentang pembentukan Dewan Penelitian Pengupahan Daerah yang akan mengadakan penelitian mengenai upah dalam rangka penetapan upah minimum. Sampai saat ini upah minimum belum dapat ditentukan secara nasional.

Sumber : Buku Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi ; Rayvan Lesilolo