PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Presiden Soeharto Membuka Muktamar Media Massa Islam Sedunia I di Balai Sidang

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,,
Senin, 1 September 1980 --- Dengan ucapan “bismillah” dan tiga pukulan gong, Presiden Soeharto pagi ini membuka Muktamar Media Massa Islam Sedunia I di Balai Sidang, Jakarta. Acara pembukaan ini selain di siarkan RRI dan TVRI, juga dipancarkan secara langsung oleh stasiun TV Arab Saudi dan Kuwait. Muktamar yang berlangsung selama tiga hari ini dihadiri oleh 327 peserta pelbagai negara Islam.
Dalam amanatnya, Presiden menilai muktamar ini sangat penting, karena yang disampaikan kaum muslimin tidak lain daripada pesan islam yang bersifat “rahmatan lil’ alamin”. Presiden menguraikan bahwa walaupun Indonesia bukan sebagai negara agama, namun agama tetap mempunyai tempat yang penting dalam kehidupan bangsa dan negara Indonesia. Dijelaskannya bahwa keberagamaan bangsa Indonesia itu terjelma dalam sila pertama Pancasila, yaitu Ketuhan Yang Maha Esa.
Pada kesempatan itu, Presiden Soeharto menegaskan kembali dukungan Indonesia terhadap perjuangan rakyat Palestina dalam menentukan nasib sendiri. Dalam hal ini, ia mengatakan bahwa bangsa Indonesia menentang pencaplokan kota Yerusalem oleh Israel untuk dijadikan Ibukotanya. Dikatakn oleh Kepala Negara bahwa pencaplokan itu sangat menusuk perasaan umat Islam di seluruh dunia. Demikian antara lain dikatakan Presiden.
 
Sumber : Bku Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi : Rayvan Lesilolo